author Ahmad Muhardian

7 Video yang Akan Menginspirasimu untuk Belajar Pemrograman


Video motivasi untuk belajar pemrograman

Belajar pemrograman memang sulit, apalagi saat kekurangan motivasi dan inspirasi.

Namun, jangan khawatir. Saat kamu kekurangan motivasi dan inspirasi, cobalah untuk nonton video-video berikut ini.

1. What Most Schools Don’t Teach

Video ini berisi kompilasi kumpulan pendapat dan nasihat dari orang-orang terkenal seperti Bill Gates, Jack, Mark Zuckerberg, Drew, Gabe, Will.i.am, dll.

2. 14-Year-Old Prodigy Programmer Dreams In Code

Video ini bersisi kisah tentang anak berusia 14 tahun bernama Santiago Gonzalez. Ia sangat menyukai pemrograman.

3. Aspiring Game Programmer - Motivational Video

Video ini berisi nasihat dan motivasi dari beberapa Game Developer yang akan menggugah semangatmu.

4. A 12-year-old app developer | Thomas Suarez

Video ini berisi seorang bocah bernama Thomas Suarez, berumur 12 tahun yang presentasi di TED. Dia membuat aplikasi untuk iPhone, iTouch, dan iPad.

5. Computer Science Matters

Sama seperti video pertama, video ini juga berisi nasihat dari orang-orang terkenal. Video dari channel code.org ini sebenarnya untuk gerakan hour of code yang diselenggarakan setiap tahun.

6. Change The World - 2015 Hour Of Code

Satu lagi video dari Hour of Code

7. The mind behind Linux | Linus Torvalds

Video ini berisi tentang Talk Show Linus Torvalds di TED.

Itulah 7 video inspirasi untuk belajar pemrograman. Semoga teman-teman semakin termotivasi.

Baca Juga ini

Bagaimana Cara Orang Buta Belajar Pemrograman?

Bagaimana Cara Orang Buta Belajar Pemrograman?

Kali ini saya akan mencoba menerjemahkan sebuah artikel hasil wawancara dari FossBoss yang mungkin menginspirasi. Judul aslinya “Mengenal Ali Abdulghani, Seorang Programmer Tunanetra yang Bekerja di Bidang Open Source” (Meet Ali Abdulghani, a Blind Programmer Working in the field of Open Source). Hallo Ali, ceritakan kami tentang dirimu, pendidikanmu, dan kehidupanmuNama saya Ali Abdulghani, orang-orang memanggil saya Alimiracle, panggilan itu datang sejak saya mulai menggunakan Solaris.

14 Channel Youtube Programmer Indonesia yang Harus Kamu Subscribe

14 Channel Youtube Programmer Indonesia yang Harus Kamu Subscribe

List Kumpulan channel pemrograman indonesia untuk belajar coding. Apa channel kamu ada di sini?

Cara Menjalankan PHP Melalui CMD

Cara Menjalankan PHP Melalui CMD

Sudah lama sekali saya tidak otak-atik Windows, karena setiap hari menggunakan Linux. Saat ini saya menggunakan komputer lab. dengan sistem operasi Windows 7 dan sudah terinstal XAMPP. Pada Linux, perintah php sudah bisa langsung dikenali pada terminal, sedangkan pada CMD Windows masih belum. Kecuali melalui Shell di XAMPP. Pada tulisan ini, saya akan berbagi cara konfigurasi Windows agar dapat mengenali perintah php di CMD maupun PowerShell.

Kenapa Bahasa Pemrograman Java Kurang Cocok untuk Pemula?

Kenapa Bahasa Pemrograman Java Kurang Cocok untuk Pemula?

Sudah dua kali semester saya mengajar di praktikum pemrograman Java. Hasilnya, hanya sebagian mahasiswa yang mengerti. Sebagiannya lagi masih pusing (atau mungkin saya yang tidak bisa mengajar). Bahasa pemrograman Java memang populer dan banyak digunakan di lapangan, oleh karena itu pihak kampus memilih bahasa ini untuk diajarkan pada semester I. Bapak Endy Muhardin, dalam tulisan di blognya yang berjudul Java: Tidak untuk Pemula mengatakan: “Java memang bahasa yang mature.

Cara Replace String dalam Template Go

Cara Replace String dalam Template Go

Sebuah masalah kecil yang saya temukan ketika mengedit skrip Blogimport. Saya ingin memperbesar ukuran gambar thumbnail dengan cara me-replace string yang ada di URL. Misalnya, dari URL ini: https://2.bp.blogspot.com/-DEeRanrBa6s/WGWGwA2qW5I/AAAAAAAADg4/feGUc-g9rXc9B7hXpKr0ecG9UOMXU3_VQCK4B/s72-c/pemrograman%2Bjavascript%2B-%2Bpetanikode.png Menjadi seperti ini: https://2.bp.blogspot.com/-DEeRanrBa6s/WGWGwA2qW5I/AAAAAAAADg4/feGUc-g9rXc9B7hXpKr0ecG9UOMXU3_VQCK4B/s1600/pemrograman%2Bjavascript%2B-%2Bpetanikode.png Nah, di sana saya ingin merubah s72-c agar menjadi s1600. Pada template Hugo, saya bisa melakukannya seperti ini: {{ replace .Media.ThumbnailUrl 's72-c' 's1600' }} Namun, Go belum memiliki fungsi replace seperti Hugo.

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Ada cerita menarik yang saya alami ketika migrasi Petani Kode dari Blogger ke Hugo. Waktu itu, ketika saya ingin mengimpor konten dari Blogger ke Hugo, ada sesuatu yang kurang dari skrip Go yang disediakan. Kekuarangnnya tidak mampu membuat atau mengambil gambar (thumbnail) untuk setiap artikel. Saya kemudian berpikir, mungkin nanti saya bisa edit setiap gambar untuk artikel. Namun, rasanya akan sangat melelahkan melakukannya karena jumlah artikelnya sampai ratusan. Tidak ingin melakukan hal yang berulang-ulang seperti kata orang, Don’t Repeat Yourself di singkat DRY.