Ini dia yang kamu cari

Ada 4 artikel dalam topik Go.

Cara Membuat Blog dengan Hugo (Ngeblog dari Teks Editor dan Terminal ala Programmer)

Cara Membuat Blog dengan Hugo (Ngeblog dari Teks Editor dan Terminal ala Programmer)

Saya punya blog: CMS-nya menggunakan Blogger dan Wordpress… …tapi tidak pernah terurus. Mungkin saya malas, karena koneksi internet yang kurang cepat. Maklum tinggal di desa, sinyalnya tidak stabil 😄. Kendala yang saya alami: Malas upload gambar satu per satu ketika membuat artikel. Tidak bisa ngedit artikel secara offline. Tidak memiliki kuasa penuh terhadap CMS-nya. Kurang aman. dan masih banyak lagi. Karena itu, sekarang saya lebih suka ngeblog dari teks editor menggunakan SSG (Satatic Site Generator) daripada CMS seperti Wordpress.

Download Ebook Dasar Pemrograman Golang

Download Ebook Dasar Pemrograman Golang

googletag.cmd.push(function () { googletag.display('div-gpt-ad-multibanner1'); }); Golang atau Go merupakan bahasa pemrograman open source yang dikembangkan di Google oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson pada tahun 2007 dan mulai diperkenalkan di kalangan publik pada tahun 2009. Go saat ini memegang rekor menjadi bahasa pemrograman yang perkembangannya paling cepat dalam sejarah. Kurang dari tujuh tahun, mampu menjadi bahasa pemrograman kelas atas. Go banyak dilirik oleh para developer karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Cara Replace String dalam Template Go

Cara Replace String dalam Template Go

Sebuah masalah kecil yang saya temukan ketika mengedit skrip Blogimport. Saya ingin memperbesar ukuran gambar thumbnail dengan cara me-replace string yang ada di URL. Misalnya, dari URL ini: https://2.bp.blogspot.com/-DEeRanrBa6s/WGWGwA2qW5I/AAAAAAAADg4/feGUc-g9rXc9B7hXpKr0ecG9UOMXU3_VQCK4B/s72-c/pemrograman%2Bjavascript%2B-%2Bpetanikode.png Menjadi seperti ini: https://2.bp.blogspot.com/-DEeRanrBa6s/WGWGwA2qW5I/AAAAAAAADg4/feGUc-g9rXc9B7hXpKr0ecG9UOMXU3_VQCK4B/s1600/pemrograman%2Bjavascript%2B-%2Bpetanikode.png Nah, di sana saya ingin merubah s72-c agar menjadi s1600. Pada template Hugo, saya bisa melakukannya seperti ini: {{ replace .Media.ThumbnailUrl 's72-c' 's1600' }} Namun, Go belum memiliki fungsi replace seperti Hugo.

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Ada cerita menarik yang saya alami ketika migrasi Petani Kode dari Blogger ke Hugo. Waktu itu, ketika saya ingin mengimpor konten dari Blogger ke Hugo, ada sesuatu yang kurang dari skrip Go yang disediakan. Kekuarangnnya tidak mampu membuat atau mengambil gambar (thumbnail) untuk setiap artikel. Saya kemudian berpikir, mungkin nanti saya bisa edit setiap gambar untuk artikel. Namun, rasanya akan sangat melelahkan melakukannya karena jumlah artikelnya sampai ratusan. Tidak ingin melakukan hal yang berulang-ulang seperti kata orang, Don’t Repeat Yourself di singkat DRY.