author Ahmad Muhardian

5 Cara Menuliskan Komentar di Bahasa Pemrograman Ruby


Komentar sangat penting dalam pemrograman. Kode yang rumit dapat dipahami dengan mudah melalui komentar. Saat belajar pemrograman sebaiknya perbanyaklah menulis komentar pada kode yang sulit dipahami.

Meskipun penulisan komentar ruby dan python mirip, tapi ada yang berbeda. Penulisan komentar untuk satu baris di ruby menggunakan tanda pagar (#) sedangkan untuk yang lebih dari satu baris menggunakan banyak cara. Lebih jelasnya, cobalah lihat contoh berikut ini

#!/usr/bin/env ruby

=begin
Banyak orang menyarankan menggunakan tanda =begin dan =end
untuk membuat komentar yang lebih dari satu baris.
=end

puts "Assalamualaikum!"

<<-DOC
Anda juga dapat membuat komentar
dengan docstring seperti ini
DOC

puts "Apa kabar?"

"Komentar juga dapat dibuat dengan tanda petik
seperti ini. Tapi terlihat tidak rapi di dalam kode"

puts "Sudah menulis kode hari ini?"

##
# Kebanyakan orang menulis komentar
# dengan tanda pagar
# Komentar dengan tanda pagar untuk menuliskan komentar yang satu baris
# tapi, bisa juga dibut berkali-kali seperti ini



__END__

Satu lagi yang banyak dilupakan orang.
Menuli komentar di akhir dokumen menggunakan tanda
garis bawah 2x lalu END kemudian garis bawah lagi 2x.

Apa yang terjadi saat kode diatas dijalankan? jawabanya adalah tangkapan layar berikut ini:

Mengapa hasinya hanya segitu? padahal tulisan di kodenya banyak sekali? Jawabanya karena komentar tidak akan dibaca oleh ruby. Komentar hanya akan dibaca oleh manusia atau programmer. Mesin akan mengabaikan komentar yang ada di dalam kode.

Baca Juga ini

Belajar Ruby: Pengenalan dasar Pemrograman Ruby untuk Pemula

Belajar Ruby: Pengenalan dasar Pemrograman Ruby untuk Pemula

“Ruby adalah sahabat terbaik programmer” — ruby-lang.org Ruby adalah… Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis. Begitulah definisi pengertian Ruby dari website resminya. Pada kesempatan ini, kita akan belajar Ruby dari nol menggunakan Linux. Persiapan Perlengkapan Coding RubyApa saja perlengkapan yang harus diinstal untuk pemrograman ruby di Linux? 1. Teks EditorPeralatan pertama yang dibutuhkan untuk memrogram Ruby di Linux adalah Teks Editor.

Belajar Pemrograman Visual Basic di Linux dengan Gambas

Belajar Pemrograman Visual Basic di Linux dengan Gambas

Visual basic (VB) adalah pemrograman visual atau GUI dari bahasa basic yang dikembangkan oleh Microsoft. Pemrograman VB banyak diminati di kalangan pengguna Windows. Ada yang bilang, pemrograman VB hanya bisa dilakukan di windows saja. Pendapat tersebut tidak benar. Kita juga dapat melakukan pemrograman VB di Linux. Pemrograman visual basic di linux dapat dilakukan menggunakan Gambas atau MonoDevelop (untuk VB.NET). Gambas singkatan dari Gambas Almost Means Basic merupakan sebuah IDE untuk pemrograman visual (vb) menggunakan bahasa basic di linux.

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Melanjutkan praktikum sebelumnya, pada pertemuan kedua ini kita akan belajar MVC (Model, View, Controller) Yii. Memahami MVC dengan praktik langsung. Modifikasi controller Jurusan Mari kita buka berkas JurusanController.php, yang berada di direktori backend/controllers/. Isi dari berkas tersebut berupa kelas bernama JurusanController, kelas ini turunan dari kelas Controller. <?php namespace backend\controllers; use Yii; use backend\models\Jurusan; use yii\data\ActiveDataProvider; use yii\web\Controller; use yii\web\NotFoundHttpException; use yii\filters\VerbFilter; /** * JurusanController implements the CRUD actions for Jurusan model.

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pagi tadi, pertemuan pertama praktikum bebas dimulai. Praktikum ini diadakan oleh STMIK Bumigora Mataram secara cuma-cuma. Praktikum ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memrogram. Pada praktikum ini, kita mempelajari framework yii. Persiapan senjata praktikumSebelum memulai praktikum, pastikan sudah memasang apache, php, dan mysql versi terbaru yang mendukung framework Yii. Di praktikum ini saya menggunakan Linux (Xubuntu). Sedikit informasi server web lokal yang sedang berjalan di laptop saya.

Belajar HTML #07: Cara Membuat Link untuk Menghubungkan Halaman Web

Belajar HTML #07: Cara Membuat Link untuk Menghubungkan Halaman Web

Panduan lengkap cara membuat link di HTML. Pada tutorial ini, kita akan belajar membuat link menggunakan tag a dan mengenal atribut-atribut yang biasanya digunakan untuk membuat link.

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Pernahkan anda bertemu dengan kasus perbandingan suatu nilai yang terbesar? Bila menyelesaikan menggunakan if dan datanya banyak, tentu akan terasa sangat merepotkan. Karena banyak nilai yang akan dibandingkan. Fungsi max() adalah fungsi bulid-in untuk mencari nilai tertinggi. Fungsi ini dapat diberikan sebuah parameter berupa angka. Artikel ini sebenarnya dibuat untuk menjawab sebuah pertanyaan di grup Python Indonesia. Saya pemilik pabrik sepatu, saya menugaskan staff saya untuk menginput jumlah penjualan bulan Januari, Februari, dan Maret 2014.