author Ahmad Muhardian

Manfaat fungsi time.sleep() pada pemrograman Python




Python memiliki sebuah modul waktu (time). Banyak fungsi-fungsi yang berkaitan tentang waktu yang dapat digunakan dengan modul tersebut. Salah satunya adalah fungsi sleep(). Fungsi ini berguna untuk menunda waktu eksekusi. Fungsi ini membawa parameter berupa angka yang menyatakan detik (lama) penundaan.

Misalkan, ingin menunda selama 5 detik:

time.sleep(5)
Fungsi ini dapat digunakan mengimpor modul time. Contoh program, berhitung sampai sepuluh. Lama penundaan perhitungan adalah 0.5 detik:
import time

for i in range(10):
time.sleep(0.5)
print “Berhitung: " + str(i +1)
Maka, hasil outputnya akan seperti berikut ini:

Penundaan pengeksekusian kode print “Berhitung: " + str(i+1) selama setengah detik (0.5). Agar lebih menarik, modifikasi program di atas menjadi seperti berikut ini:
import time

print “Apakah anda yakin akan meluncurkan roket?\n”
raw_input(“Tekan [Enter] untuk memulai…”)

for i in range(10, 0, -1):
    time.sleep(1)
    print str(i)

print “Buuzzzzssss!!!!"
print “Roket meluncur!!!"
Hasil outputnya akan menjadi seperti berikut ini:

Selain untuk membuat program roket seperti di atas, kita juga bisa memanfaatkan fungsi time.sleep() untuk membuat animasi, membuat program pomodoro, membuat program jam digital, dan hal-hal keren lainnya. Silahkan berkreasi sendiri, selamat berimajinasi!

Baca Juga ini

Cara Coding Rumus Matematika di Python dengan Modul Math

Cara Coding Rumus Matematika di Python dengan Modul Math

Memahami modul Math di Python untuk melakuan operasi matematika dan coding rumus matematika.

Belajar Pemrograman Python: Cara Install Python di Windows

Belajar Pemrograman Python: Cara Install Python di Windows

Instalasi python di Windows sangat gampang. Langkah-langkanya sama seperti menginstal software Windows pada umumnya, next-next-finish. Tapi ada konfigurasi yang harus dipilih ditengah-tengah proses instalasi, agar perintah Python dapat dikenali di CMD. Python yang akan di instal dalam panduan ini adalah python versi 3. Download di situs resmi python ( python.org ). 1. Buka File python-3.msiSetelah download selesai, kita akan mendapatkan file python-3.4.2.msi. File python-3.4.2.msi adalah file instalator python. File ini akan melakukan instalasi ke sistem windows.

Perbedaan Perulangan While dan Do/While

Perbedaan Perulangan While dan Do/While

Pahami perbedaan perulangan while dengan do-while dalam pemrograman

Cara Parsing XML di Python dengan DOM API

Cara Parsing XML di Python dengan DOM API

Python memungkinkan kita melakukan parsing (penguraian) dan manipulasi terhadap file XML dengan DOM API. DOM (Document Object Model) adalah sebuah API yang menyediakan fungsi-fungsi untuk memanipulasi dokumen. Salah satu modul DOM yang dapat kita gunakan untuk parsing XML adalah MiniDOM. Pada kesempatan ini kita akan belajar cara parsing file XML dan HTML menggunakan MiniDom. Apa saja yang akan kita pelajari? Cara Parsing XML di Python Cara Membuat Node/Elemen Mari kita mulai…

Program bilangan ganjil-genap dengan python

Program bilangan ganjil-genap dengan python

Komputer adalah sebuah mesin yang tidak mampu berpikir. Menebak bilangan ganjil atau genap saja tidak bisa. Tapi, berkat bantuan programer komputer dapat melakukannya. Di artikel ini saya ingin menunjukan cara memanfaatkan struktur pemilihan agar komputer dapat berpikir dan mengetahui bilangan genap dan ganjil. Sebuah bilangan dikatakan genap jika habis dibagi dua. Dengan demikian, kita dapat memecahkan masalah ini dengan mencari sisa bagi dua dari bilangan tersebut. Bila sisanya adalah nol maka bilangan tersebut adalah bilangan genap, tapi kalau tidak maka, bilangan tersebut adalah bilangan ganjil.

Belajar Django #1: Pengenalan Dasar Django untuk Pemula

Belajar Django #1: Pengenalan Dasar Django untuk Pemula

Pengenalan Django, Instalasi Django, Membuat Project Django, dan Memahami struktur project Django