author Ahmad Muhardian

Fungsi range() di pemrograman python


Fungsi Range di Python

Fungsi range() merupakan fungsi yang menghasilkan list. Fungsi ini akan menciptakan sebuah list baru dengan rentang nilai tertentu. Contoh:

1. list dari 0 sampai 10

range(10)
akan menghasilkan:
[0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9]
2. list dari 4 sampai 12
range(4, 12)
akan menghasilkan:
[4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11]
3. list dari 10 sampai 50 dengan interval 5
range(10,50,5)
akan menghasilkan:
[10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45]
Dari contoh-contoh di atas, dapat kita pahami arti parameter yang diberikan untuk fungsi ini. Parameter pertama adalah batas bawah; parameter kedua adalah batas atas; dan parameter ketiga adalah nilai interval.
range(batas bawah, batas atas, interval)

Fungsi range di perulangan for

Fungsi range() sering digunakan sebagai counter pada perulangan for. Counter adalah sebuah variabel yang menyimpan hitungan—berapa kali mengulang—perulangan. Contoh:
for nomer in range(10):
    print “petani-” + str(nomer)
akan menghasilkan:
petani-0
petani-1
petani-2
petani-3
petani-4
petani-5
petani-6
petani-7
petani-8
petani-9
Jadi, itulah beberapa manfaat dan cara menggunakan fungsi range(). Range dengan satu parameter akan menghasilkan list dengan rentang parameter itu. Sedangkan range dengan dua parameter akan menghasilkan list dengan rentang dari parameter pertama sampai parameter kedua. Kemudian, range yang menggunakan tiga parameter akan menghasilkan list dengan rentang dari parameter pertama sampai parameter kedua dengan jarak interval parameter ketiga.

Bagaimana menurutmu, ada tambahan?

Baca Juga ini

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Pernahkan anda bertemu dengan kasus perbandingan suatu nilai yang terbesar? Bila menyelesaikan menggunakan if dan datanya banyak, tentu akan terasa sangat merepotkan. Karena banyak nilai yang akan dibandingkan. Fungsi max() adalah fungsi bulid-in untuk mencari nilai tertinggi. Fungsi ini dapat diberikan sebuah parameter berupa angka. Artikel ini sebenarnya dibuat untuk menjawab sebuah pertanyaan di grup Python Indonesia. Saya pemilik pabrik sepatu, saya menugaskan staff saya untuk menginput jumlah penjualan bulan Januari, Februari, dan Maret 2014.

Perbedaan Perulangan While dan Do/While

Perbedaan Perulangan While dan Do/While

Pahami perbedaan perulangan while dengan do-while dalam pemrograman

Cara Parsing XML di Python dengan DOM API

Cara Parsing XML di Python dengan DOM API

Python memungkinkan kita melakukan parsing (penguraian) dan manipulasi terhadap file XML dengan DOM API. DOM (Document Object Model) adalah sebuah API yang menyediakan fungsi-fungsi untuk memanipulasi dokumen. Salah satu modul DOM yang dapat kita gunakan untuk parsing XML adalah MiniDOM. Pada kesempatan ini kita akan belajar cara parsing file XML dan HTML menggunakan MiniDom. Apa saja yang akan kita pelajari? Cara Parsing XML di Python Cara Membuat Node/Elemen Mari kita mulai…

Program bilangan ganjil-genap dengan python

Program bilangan ganjil-genap dengan python

Komputer adalah sebuah mesin yang tidak mampu berpikir. Menebak bilangan ganjil atau genap saja tidak bisa. Tapi, berkat bantuan programer komputer dapat melakukannya. Di artikel ini saya ingin menunjukan cara memanfaatkan struktur pemilihan agar komputer dapat berpikir dan mengetahui bilangan genap dan ganjil. Sebuah bilangan dikatakan genap jika habis dibagi dua. Dengan demikian, kita dapat memecahkan masalah ini dengan mencari sisa bagi dua dari bilangan tersebut. Bila sisanya adalah nol maka bilangan tersebut adalah bilangan genap, tapi kalau tidak maka, bilangan tersebut adalah bilangan ganjil.

Belajar Django #1: Pengenalan Dasar Django untuk Pemula

Belajar Django #1: Pengenalan Dasar Django untuk Pemula

Pengenalan Django, Instalasi Django, Membuat Project Django, dan Memahami struktur project Django

Tutorial PyGTK #3: Belajar Membuat Tooltips

Tutorial PyGTK #3: Belajar Membuat Tooltips

Pada tutorial ini, kamu akan belajar cara membuat Tooltips dengan PyGTK. Tooltips adalah sebuah informasi tambahan pada elemen...