Daftar artikel di Petani Kode.
Properti untuk membuat bayangan (shadow), mulai dikenalkan pada CSS3. Properti tersebut adalah box-shadow dan text-shadow. Keduanya sama-sama berfungsi untuk membuat bayangan. Properti box-shadow digunakan untuk membuat bayangan untuk kotak atau elemen kontainer. Sementara itu, properti text-shadow digunakan untuk membuat bayangan pada teks. Membuat Bayangan untuk TeksLangsung saja ke contoh, silakan buat style seperti ini. h2 { text-shadow: 3px 2px 1px grey; font-size: 40px; } kemudian HTML-nya: <!DOCTYPE html> <html> <head> <title>Latihan Bayangan</title> <link rel="stylesheet" href="style.
Sintak merupakan aturan-aturan, prinsip, dan proses yang mengatur struktur dari bahasa pemrograman.
Kalau kita perhatikan, alur pengeksekusian sebuah kode program dikerjakan satu per satu dari atas sampai ke bawah. Baris demi baris dibaca, kemudian komputer mengerjakan apa yang diperintahkan. Misalnya seperti ini: Alur programnya satu, tidak ada belokan atau percabangan. Ngomong-ngomong apa itu percabangan? Percabangan hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut alur program yang bercabang. Percabangan juga dikenal dengan “Control Flow”, “Struktur Kondisi”, “Struktur IF”, “Decision”, dsb. Semuanya itu sama.
Pelajari gimana caranya membuat fungsi-fungsi atau rumus matematika di Java dengan class Math
Agar program yang kita mampu berinteraksi dengan pengguna, kita harus membuat sebuah dialog dengannya. Pada Java Swing, terdapat sebuah komponen bernama JOptionPane untuk membuat dialog yang interaktif. Bagaimana cara menggunakan JOptionPane? Mari kita simak pembahasannya… Mengenal JOptionPaneJOptionPane merupakan sebuah kelas yang menyediakan jendela dialog. JOptionPane bisa kita gunakan untuk mengambil input, menampilkan informasi, menampilkan pesan error, menampilkan dialog konfirmasi, dan lain-lain. Sebelum menggunakan JOptionPane, kita harus mengimpornya terlebih dahulu ke dalam program:
Operator dalam pemrograman digunakan untuk melakukan operasi tertentu. Misalkan kita ingin menjumlahkan nilai dari variabel x dan y, maka kita bisa menggunakan operator penjumlahan (+). x + y Ada enam jenis kelompok operator dalam pemrograman Java: Operator Aritmatika; Operator Penugasan; Operator Pembanding; Operator Logika; Operator Bitwise; dan Operator Ternary. Bila digambarkan dalam mind map, akan terlihat seperti ini: Ukuran penuh dari mind map ini dapat kamu lihat di: coggle.it Apa saja perbedaan dari semua jenis operator tersebut?
Pernahkah kalian perhatikan gaya penulisan huruf-huruf pada kode program? Kadang ada yang ditulis seperti_ini, SepertiItu, dan semacam-ini. Ternyata gaya penulisan tersebut punya sebutan tersendiri, apa saja itu? Mari kita bahas… 1. Gaya Snake Case Gaya penulisan case yang ini cirinya menggunakan garis bawah atau underscore (_). Suku kata dipisahkan dengan garis bawah sehingga membentuk sebuah ular. Karena itu, gaya ini disebut Snake Case. Contohnya seperti ini: ini_penulisan_snake_case(); The_quick_brown_fox_jumps_over_the_lazy_dog nama_variabel Nama_class Gaya penulisan Snake Case biasanya kita jumpai pada pemrograman prosedural dan fungsional seperti C, Pascal, PHP, dsb.
Seperti yang kita ketahui, program komputer terdiri dari tiga komponen utama, yaitu: input, proses, dan output. Input: nilai yang kita masukan ke program Proses: langkah demi langkah yang dilakukan untuk mengelola input menjadi sesuatu yang berguna Output: hasil pengolahan Semua bahasa pemrograman telah menyediakan fungsi-fungsi untuk melakukan input dan output. Java sendiri sudah menyediakan tiga class untuk mengambil input: Class Scanner; Class BufferReader; dan Class Console. Tiga class tersebut untuk mengambil input pada program berbasis teks (console).
Variabel adalah tempat menyimpan nilai sementara. Itu saja. Serius? Iya serius, kalau mau yang lebih panjang… …coba kita lihat pengertiannya dari Wikipedia: Variabel: (Lat) 1. berubah-ubah, tidak tetap; 2. deklarasi sesuatu yang memiliki variasi nilai 3. berbeda-beda dalam bahasa pemrograman disebut juga simbol yang mewakili nilai tertentu, variabel yang dikenal di sub program disebut variabel lokal. sedang yang di kenal secara umum/utuh dalam satu program disebut variabel global. Nah, ngerti gak?