author Ahmad Muhardian

Cara Mengambil Input di PHP CLI


Fungsi input di php cli

Seperti yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya. PHP CLI merupakan PHP yang berjalan di atas Command Line. Biasanya, program yang berbasis teks memiliki fungsi tersendiri untuk mengambil input. Contohnya Python menggunakan fungsi input() dan raw_input(), java menggunakan Scanner dan BufferReader, C++ menggunakan cin, Pascal menggunakan readln(), dsb. Lalu, Bagaiaman dengan PHP?

Menggunakan Fungsi fopen()

Cara pertama mengambil input di PHP CLI adalah dengan menggunakan fungsi fopen(). Pada dasarnya fungsi ini digunakan untuk membuka atau membaca file. Namun, dapat digunakan juga untuk mengambil input. Contoh penggunaan:

<?php

echo "Siapa nama kamu: ";
$input_nama = fopen("php://stdin","r");
$nama = trim(fgets($input_nama));

echo "Hello $nama, apa kabar?\n";

?>

Hasilnya ketika dieksekusi:

Percobaan pengambilan input di PHP CLI

Pada contoh di atas, fungsi fopen() harus diberikan paramater "php://stdin" dan "r" untuk membaca apa yang diketik di Terminal. Kemudian, kita membutuhkan dua fungsi lagi agar mendapatkan nilai yang murni. Fungsi fgets() untuk membaca baris inputan, kemudian fungsi trim() untuk menghapus karakter enter ("\n") atau spasi di akhir inputan yang ikut dibaca. Bila kita tidak menggunakan fungsi trim() maka nilai yang akan dibaca ketika diinputkan “Petani Kode” adalah “Petani Kode\n”. “\n” itu didapatkan dari tombol enter.

Menggunakan STDIN

Ada cara yang lebih sederhana, yaitu menggunakan STDIN. Cara ini sama juga seperti yang tadi, cuma perbedaanya tidak menggunakan fungsi fopen(). Kita bisa langsung mengambil nilai dengan fungsi fgets(). Lalu kita gunakan fungsi trim() untuk membersihkannya dari “\n”. Contoh:

<?php

echo "Dari mana anda berasl: ";
$asal = trim(fgets(STDIN));
echo "Oh, dari $asal ya\n";

?>

Hasil output ketika dieksekusi:

Pengambilan input di PHP CLI dengan konstanta STDIN

Itulah dua cara mengambil input di PHP CLI, manakah cara yang paling mudah? Silahkan anda tentukan sendiri. Kalau pun ada cara lain silahkan ditambahkan dan kalau masih tidak paham silahkan ditanyakan.

Referensi: https://stackoverflow.com/questions/6543841/php-cli-getting-input-from-user-and-then-dumping-into-variable-possible

Baca Juga ini

Mengenal PHP CLI dan PHP Interaktif

Mengenal PHP CLI dan PHP Interaktif

Pada tutorial dan buku pemrograman PHP yang beredar, tidak banyak yang membahas tentang PHP CLI dan PHP interaktif. PHP sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman yang fokus untuk pengembangan web. Karena itu, jarang sekali digunakan di lingkungan CLI (Command Line). Bagi yang belajar pemrograman PHP menggunakan XAMPP atau LAMPP, kemungkinan jarang menggunakan PHP CLI atau PHP interaktif. Tetapi, bagi yang menggunakan paket terpisah (apache2, php, mysql), kemungkinan sering bermain dengan PHP CLI dan PHP interaktif.

6 Peralatan yang Harus dipersiapkan untuk Belajar Pemrograman Web (PHP) di Linux

6 Peralatan yang Harus dipersiapkan untuk Belajar Pemrograman Web (PHP) di Linux

Apa saja aplikasi yang dibutuhkan untuk pemrograman web di Linux? Jawabannya: tergantung bahasa yang akan digunakan. Biasanya bahasa yang umum digunakan adalah PHP. Selain PHP, kita juga menggunakan Python, Java, Ruby, C#, dan sebagainya. Pada tulisan ini, kita akan menggunakan PHP… Untuk bahasa yang lain silahkan baca di sini: Membuat Aplikasi Web dengan Python Belajar Membuat Web dengan Nodejs untuk Pemula Lalu untuk alat-alat yang kita butuhkan untuk pemrograman PHP di Linux adalah sebagai berikut:

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Melanjutkan praktikum sebelumnya, pada pertemuan kedua ini kita akan belajar MVC (Model, View, Controller) Yii. Memahami MVC dengan praktik langsung. Modifikasi controller Jurusan Mari kita buka berkas JurusanController.php, yang berada di direktori backend/controllers/. Isi dari berkas tersebut berupa kelas bernama JurusanController, kelas ini turunan dari kelas Controller. <?php namespace backend\controllers; use Yii; use backend\models\Jurusan; use yii\data\ActiveDataProvider; use yii\web\Controller; use yii\web\NotFoundHttpException; use yii\filters\VerbFilter; /** * JurusanController implements the CRUD actions for Jurusan model.

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pagi tadi, pertemuan pertama praktikum bebas dimulai. Praktikum ini diadakan oleh STMIK Bumigora Mataram secara cuma-cuma. Praktikum ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memrogram. Pada praktikum ini, kita mempelajari framework yii. Persiapan senjata praktikumSebelum memulai praktikum, pastikan sudah memasang apache, php, dan mysql versi terbaru yang mendukung framework Yii. Di praktikum ini saya menggunakan Linux (Xubuntu). Sedikit informasi server web lokal yang sedang berjalan di laptop saya.

Bagaimana Cara Orang Buta Belajar Pemrograman?

Bagaimana Cara Orang Buta Belajar Pemrograman?

Kali ini saya akan mencoba menerjemahkan sebuah artikel hasil wawancara dari FossBoss yang mungkin menginspirasi. Judul aslinya “Mengenal Ali Abdulghani, Seorang Programmer Tunanetra yang Bekerja di Bidang Open Source” (Meet Ali Abdulghani, a Blind Programmer Working in the field of Open Source). Hallo Ali, ceritakan kami tentang dirimu, pendidikanmu, dan kehidupanmuNama saya Ali Abdulghani, orang-orang memanggil saya Alimiracle, panggilan itu datang sejak saya mulai menggunakan Solaris.

Cara Eksekusi Perintah Command Line (CMD) Melalui PHP

Cara Eksekusi Perintah Command Line (CMD) Melalui PHP

Perintah-perintah dasar yang sering kita ketik di Terminal maupun CMD, dapat juga kita eksekusi melalui web. Tentu saja dengan bantuan PHP. Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah membahas fungsi-fungsi untuk operasi file dan direktori. Nah, sekarang ini kita akan coba fungsi system(). Fungsi ini untuk mengeksekusi perintah-perintah Terminal atau CMD. Baca Juga: Cara Menghapus dan Mengubah Nama Direktori dengan PHP Membuat dan Menampilkan isi Direktori dengan PHP Mari kita mulai dengan membuat sebuah file baru bernama eksekusi_perintah.