author Ahmad Muhardian

Berapa Banyak Data yang Mampu Disimpan pada MySQL dengan AUTO_INCREMENT?


Big Data - MYSQL - Petani Kode

Ini artikel lama, belum di-update. Isinya mungkin tidak relevan dengan kondisi sekarang

AUTO_INCREMENT sangat sering saya gunakan dalam mengerjakan proyek. AUTO_INCREMENT membuat Kita tidak perlu mengisi field secara manual maupun dengan generator dalam kode. Tapi, … apakah ini aman? Apakah tidak masalah bila nanti datanya banyak? Berapa banyak sih data yang mampu ditampung bila menggunakan AUTO_INCREMENT? Mari kita sedikit pikirkan masalah Big Data.

Batas AUTO_INCREMENT

Ternyata AUTO_INCREMENT memiliki batas. Apabila sudah melampaui batas, mungkin sistemnya akan macat. Jadi hati-hati menggunakannya. Berdasarkan jawaban yang saya dapatkan di Stack Overflow, berikut ini batasan-batasan AUTO_INCREMENT berdasarkan tipe datanya.
TINYINT            - 127
UNSIGNED TINYINT   - 255
SMALLINT           - 32767
UNSIGNED SMALLINT  - 65535
MEDIUMINT          - 8388607
UNSIGNED MEDIUMINT - 16777215
INT                - 2147483647
UNSIGNED INT       - 4294967295
BIGINT             - 9223372036854775807
UNSIGNED BIGINT    - 18446744073709551615

Apakah ini aman?

Kalau sistem yang dibangun sekelas tugas sekolah/kuliah, mungkin tidak masalah. Tapi, apa bila kita membangun sistem nyata yang akan menampung banyak sekali data, maka perlu dipertimbangkan penggunaan AUTO_INCREMENT.

Apa Ada Alternatif?

Alternatif mungkin bisa menggunakan generator ID yang unik. Nanti tipe datanya dalam bentuk VARCHAR atau CHAR. Isinya berupa karakter unik yang di-generate dari kode.

Baca: Membuat Generator id Unik seperti id Video YouTube di PHP

Kesimpulan

AUTO_INCREMENT merupakan fitur untuk pengisian record (angka) secara otomatis. AUTO_INCREMENT mengisi angka secara terurut mulai dari 1, 2, 3, … dan seterusnya. AUTO_INCREMENT memiliki batas mengikuti tipe datanya.

Baca Juga ini

[Solved] Error phpMyAdmin `mbstring is missing` di Linux

[Solved] Error phpMyAdmin `mbstring is missing` di Linux

Masih segar, Ubuntu saya baru saja ditingkatkan (upgrade) ke versi 16.04. Secara otomatis semua versi software-nya juga ditingkatkan. Tapi, peningkatan versi tidak selalu menjadi lebih baik. Kadang mendapat bugs dan masalah baru. Seperti phpMyAdmin, terjadi error karena menggunakan PHP 7. Pada versi sebelumnya menggunakan PHP 5. Berdasarkan pesan error tersebut, kesalahanya ada pada konfigurasi PHP. Atur konfigurasi agar dapat me-load ekstensi. buka file /etc/php5/apache2/php.ini atau /etc/php/7.0/apache2/php.iniTambahkan extension_dir = /usr/lib/php/20151012/Lokasi /usr/lib/php/20151012/ adalah lokasi ekstensi PHP pada komputer saya.

Bagaimana Cara Menyimpan Tanggal dan Waktu di MySQL?

Bagaimana Cara Menyimpan Tanggal dan Waktu di MySQL?

Ini artikel lama, belum di-update. Isinya mungkin tidak relevan dengan kondisi sekarang Beberapa hari yang lalu, saya melakukan downgrade sistem operasi, dari versi 15.10 ke 14.04. Secara otomatis, versi server MySQL-nya juga ikut di-downgrade, dari versi 5.6.27 ke versi 5.5.47. Pada versi yang lebih lama (5.5.47), tipe data Datetime dengan nilai default current_timestamp tidak diterima. Ketika saya mengimpor dari cadangan database, terjadi error. mysql -u root -p < db_27_feb_2016.sql Enter password:

Cara Backup Database MySQL di Linux (Ekspor dan Impor)

Cara Backup Database MySQL di Linux (Ekspor dan Impor)

Membuat backup (cadangan) database perlu dilakukan sebelum instal ulang server atau untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Backup sebenarnya bisa kita lakukan melalui Phpmyadmin dengan cara mengekspor semua database. Tapi bagaimana kalau kita belum menginstal Phpmyadmin di Server? Tenang… Kita masih bisa melakukan backup melalui command line. Caranya gimana? Silahkan disimak: Cara Backup Semua DatabaseKita bisa backup database MySQL dengan perintah mysqldump. Perintah ini akan membuat kode SQL.

Solusi Masalah Dependensi Server MySQL di Ubuntu

Solusi Masalah Dependensi Server MySQL di Ubuntu

Ini artikel lama, belum di-update. Isinya mungkin tidak relevan dengan kondisi sekarang Gara-gara upgrade versi server MySQL tadi malam, servernya malah error. Awalnya saya menggunakan MySQL versi 5.5, kemudian ditingkatkan (upgrade) ke versi 5.6. $ mysql -u root -p ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2)Kemudian saya mencoba menghapus mysql-server dan meninginstal lagi (instal ulang). sudo apt-get remove mysql-server sudo apt-get install mysql-serverMalah dapat error dependensi:

Kode CRUD dalam Satu File PHP

Kode CRUD dalam Satu File PHP

Pernah mebayangkan, tidak? Membuat CRUD (Create, Read, Update, Delete) dalam satu file PHP. Biasanya, membuat aplikasi CRUD dilakukan dengan membuat file terpisah. Masing-masing file mewakili CRUD. Misalkan file create.php untuk menambahkan data, read.php untuk menampikan data, update.php untuk mengubah data, dan delete.php untuk menghapus data. Bagaimana kalau, semuanya digabungkan ke dalam satu file PHP? Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan sebuah kode CRUD yang ditulis dalam satu file PHP. Kode ini, saya buat dengan koneksi database menggunakan API mysqli.

Membuat Program Countdown Timer (Pomodoro) dengan Python

Membuat Program Countdown Timer (Pomodoro) dengan Python

Waktu hitung mundur (countdown timer) sering kita temukan pada kehidupan sehari-hari. Biasanya kita gunakan untuk menghitung mundur sesuatu yang penting, seperti: deadline, detik pergantian tahun, timer saat memasak, pomodoro, dll. Nah, pada tutorial ini.. Kita akan belajar membuat program timer dengan Python dengan studi kasus Pomodoro Timer. Sebenarnya tidak hanya bisa dipakai untuk Pomodoro saja sih, program ini juga nanti akan bisa digunakan untuk timer yang lainnya. Oke kalau bagitu,