Belajar Javascript: Mengenal Objek Math untuk Perhitungan Matematika
Pernahkah kamu membuat program yang di dalamnya ada perhitungan matematika?
Misalnya seperti menghitung akar kuadrat, pangkat, log, sin, cos, tan, dan lain-lain.
Ini bisa saja dibuat dengan operator dan beberapa variabel.
Tapi itu tidak mudah…
Karena, Kita harus memikirkan sendiri algoritmanya.
Tapi tenang saja, di Javascript sudah ada
objek Math
yang akan membantu kita membuat perhitungan matematika menjadi lebih mudah.
Mari kita bahas lebih detail tentang objek ini…
Mengenal Objek Math
Objek Math
adalah objek yang berisi fungsi-fungsi matematika
dan beberapa konstanta untuk melakukan perhitungan matematika
seperti sin, cos, tan, eksponen, akar kuadrat, dll.
Biar lebih gampang memahami isi dari objek Math
,
kita bagi-bagi dalam beberapa kelompok seperti
pada gambar ini:
Ini adalah fungsi-fungsi yang umum digunakan dalam perhitungan matematis.
Baiklah…
Mari kita bahas lebih dalam lagi untuk tiap-tiap fungsi tersebut.
Pertama kita mulai dari:
Fungsi Trigonometri di Javascript
Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang sudut dan panjang pada segitiga.1
Dalam dunia komputer, ilmu ini biasanya diimplementasikan dalam komputer grafis.
Kamu mungkin pernah membaca tutorial pembuatan game dengan Python.
Di sana kita menggunakan trigonometri untuk tracking pergerakan pointer.
Nah, di objek Math
terdapat fungsi-fungsi untuk menghitung
trigonometri.
Misalkan kita ingin menghitung nilai sin dari 10
,
maka pada program kita bisa tulis seperti ini:
var n = Math.sin(10);
Variabel n
akan berisi -0.5440211108893698
karena sin 10
adalah 0.5
.
Kamu bisa mencobanya sendiri melalui console Javascript:
Fungsi Logaritma, Pangkat, dan Eksponensial di Javascript
Logaritma adalah operasi matematika yang merupakan kebalikan (atau inverse) dari eksponen atau pemangkatan. 2
Objek Math
di Javascript juga menyediakan fungsi log()
untuk logaritma dan pow()
untuk pemangkatan.
Mari kita coba di console:
Kemudian untuk menghitung eksponensial,
kita dapat menggunakan fungsi exp()
.
Contoh:
Fungsi Pembulatan di Javascript
Apabila kita membutuhkan bilangan bulat (integer),
kita bisa gunakan fungsi pembulatan di objek Math
.
Ada beberapa fungsi yang sering digunakan:
floor()
membulatkan ke bawah;round()
membulatkan ke yang terdekat, bisa ke bawah dan ke atas;ceil()
membulatkan ke atas.
Contoh:
Fungsi Akar di Javascript
Nah, kalau fungsi akar kuadrat…
Kita bisa menghitungnya dengan fungsi sqrt()
.
Contoh:
Lalu untuk akar kubik gimana?
Gampang…
Kita bisa gunakan fungsi cbrt()
.
Contoh:
Nah untuk akar n atau nth root,
kita bisa akali dengan menggunakan
fungsi pow()
.
Contoh:
Math.pow(n, 1/root);
n
adalah nilai yang akan kita cari,
lalu root
adalah akar n-nya.
Fungsi Random dan Mutlak di Javascript
Fungsi random adalah fungsi yang mengahilkan nilai
acak antara 0.0
sampai 1.0
.
Contoh:
Jika ingin membuat nilai acak dari
rentang nilai tertentu, maka kita
bisa menggunakan bantuan fungsi floor()
untuk
membulatkan lalu dikali dengan nilai min dan max.
Rumusnya akan seperti ini:
Math.floor(Math.random() * (max - min) ) + min;
Ini bisa kita bungkus dalam fungsi seperti ini:
function getRndInteger(min, max) {
return Math.floor(Math.random() * (max - min) ) + min;
}
Hasilnya:
Berikutnya kita bahas tentang fungsi mutlak.
Fungsi mutlak adalah fungsi yang menghasilkan nilai mutlak atau absolute.
Contoh:
var x = Math.abs(-2)
Variabel x
akan bernilai 2
, karena fungsi abs()
akan selalu memberikan nilai mutlak atau positif.
Fungsi Minimum dan Maksimum di Javascript
Fungsi minimum dan maksimum adalah fungsi untuk menentukan nilai paling kecil dan paling besar pada sekumpulan nilai.
Fungsi ini bisa kita berikan input berupa urutan bilangan.
Apabila kita ingin memberikan input array, maka array tersebut harus kita pecah isinya.
Contoh:
Perhatikan operator ...
, ini adalah operator
yang ditambahkan pada ES2015 yang berfungsi untuk
memecah isi array dan string.
Konstanta di Objek Math
Selain menyediakan fungsi-fungsi matematika,
objek Math
juga menyediakan konstanta seperti
PI
, E
, LN10
, dll. yang bisa kita manfaatkan
untuk perhitungan rumus tertentu.3
Math.E // returns Euler's number
Math.PI // returns PI
Math.SQRT2 // returns the square root of 2
Math.SQRT1_2 // returns the square root of 1/2
Math.LN2 // returns the natural logarithm of 2
Math.LN10 // returns the natural logarithm of 10
Math.LOG2E // returns base 2 logarithm of E
Math.LOG10E // returns base 10 logarithm of E
Akhir Kata…
Objek Math
memang objek yang khusus digunakan
untuk perhitungan atau operasi matematika.
Kamu akan banyak menggunakannya dalam membuat beberapa program yang membutuhkan perhitungan matematika.
Seperti membuat aplikasi Game, kecerdasan buatan, akuntansi, program fisika, dll.
Semoga bermanfaat.