author Ahmad Muhardian

7 Manfaat Inspect Element Bagi Web Developer


Inspect Element merupakan fitur browser yang dibuat untuk memudahkan pengembangan web.

Inspect Element dapat kita akses dengan klik kanan, kemudian memilih Inspect Element, atau bisa juga dengan menekan tombol F12.

Adapun manfaat dari Inspect Element untuk web Developer adalah sebagai berikut.

1. Tempat Eksperimen CSS

Selain ada console Javascript, bisa dibilang di Inspect Elemen juga ada console-nya CSS. Ya, di sana kita bisa eksperimen kode CSS.

Sebelum kita menulis kode CSS, sebaiknya gunakan Inspect Element terlebih dahulu. Karena saat kita menulis kode CSS di Inspect Elemen, browser akan langsung mengeksekusinya. Selain itu, kita diberikan fitur yang memudahkan penulisan CSS seperti autocomplete, colorpicker, filter, visual model box, dll.

Edit CSS di Inspect Element

Kode CSS yang ditulis di Inspect Element bersifat temporer. Kita harus menyalinnya ke kode CSS di teks editor agar tersimpan.

2. Pengujian Web Responsif

Kita tidak perlu punya banyak perangkat untuk pengujian responsif. Cukup manfaatkan Inspect Element, kita sudah bisa menggunakan berbagai jenis perangkat mobile.

Pengujian tampilan responsive web di inspect element

3. Mengukur Kecepatan Web

Kita dapat mengetahui seberapa lama web diunduh oleh browser dan berapa kecepatan dan ukuran kapasitas webnya? Silahkan gunakan fitur Network atau Timeline untuk melakukannya.

Mengukur kecepatan web melalui inspect element

4. Debugging Javascript

Ada yang bilang, belajar javascript itu susah karena kita tidak tahu tempat error-nya. Kadang, browser hanya menampilkan halaman kosong saat error.

Sebenarnya pendapat itu salah, karena kita bisa melihat pesan error javascript pada console-nya. Dimana console-nya? ya di dalam Inspect Elemen. Silahkan buka menu Console.

5. Alat untuk Audit Web

Audit perlu kita lakukan untuk meningkatkan kinerja web. Pada Inspect Elemen milik Google Chrome, kita disediakan fitur audit untuk mengetahui apa saja resource yang digunakan dan yang tidak digunakan.

Audit Web di Inspect Element

6. Mengambil Screenshot dengan Mudah

Khusus di Firefox, kita disediakan fitur untuk mengambil screenshot web. Caranya, klik kanan pada elemen yang ingin di-screenshot, kemudian pilih Screenshot Node.

Mengambil Screenshot web dengan inspect element firefox

7. Mengukur Performa Memori dan CPU

Semakin banyak tab yang kita buka di browser, semakin banyak pula memori yang akan dimakan. Selain itu, skrip-skrip pada web juga membuat CPU berkerja semakin keras. Untuk melihat performa memori dan CPU ketika membuka web, silahkan masuk ke menu Timeline pada Google Chrome. Sedangkan di Firefox, masuk ke Performance.

Mengukur performa web

Itulah 7 manfaat Inspect Element bagi web developer. Sebanarnya masih banyak lagi manfaat dari Inspect Element yang belum kita ketahui. Selebihnya silahkan cari sendiri atau jika mau menambahkan silahkan corat-coret di komentar.

Baca Juga ini

Cara Menggunakan highlight.js di Blogger

Cara Menggunakan highlight.js di Blogger

Template baawan blogger sudah saya modifikasi sedemikian rupa. Namun, masih ada yang kurang, pewarnaan kode (syntax highlighting). Kode yang saya sisipkan di dalam artikel tidak berwarna. Kadang saya memanfaatkan gist github, pastebin, ideone, dsb. untuk menyisipkan kode yang berwarna. Modul highlight.js berfungsi untuk membuat kode (di web) menjadi berwarna. Kode yang berwarna akan lebih mudah dibaca. Karena itu, kita perlu menggunakan highlight.js. Berikut ini cara menggunakan highlight.js di blogger. 1. Memasang higlight.

Tutorial Bootstrap: Memahami Fungsi Tag Meta Viewport

Tutorial Bootstrap: Memahami Fungsi Tag Meta Viewport

Tag Meta Viewport adalah tag HTML yang penting bagi Bootstrap untuk membuat halaman web menjadi responsif.

Tutorial Bootstrap: Pengenalan Dasar Bootstrap untuk Pemula

Tutorial Bootstrap: Pengenalan Dasar Bootstrap untuk Pemula

Pada tutorial ini, kamu akan belajar dasar Bootstrap. Mulai mengenal sejarah bootstrap, hingga mencoba sendiri Bootstrap pada HTML

Tutorial CSS #02: Cara Menulis CSS di HTML

Tutorial CSS #02: Cara Menulis CSS di HTML

Giaman sih cara menulis CSS di dalam HTML. Mari kita Pelajari 3 cara menulis CSS di HTML.

Tutorial Bootstrap: Memahami Sistem Grid untuk membuat Layout

Tutorial Bootstrap: Memahami Sistem Grid untuk membuat Layout

Sistem Grid adalah bagian terpenting yang harus dipahami pada Bootstrap. Apa itu sistem grid? Gimana cara menggunakan sistem grid. Mari kita pelajari!

Belajar HTML #02: Apa itu Tag, Elemen, dan Atribut dalam HTML?

Belajar HTML #02: Apa itu Tag, Elemen, dan Atribut dalam HTML?

Memahami apa itu Tag, Elemen, dan Atribut. Serta perbedaanya.