author Ahmad Muhardian

Tutorial Git #4: Melihat Catatan Log Revisi


Pada tutorial sebelumnya, kita sudah membuat dua revisi pada repositori project-01. Sekarang bagaimana caranya kita melihat catatan log dari revisi-reivisi tersebut?

Git sudah menyediakan perintah git log untuk melihat catatan log perubahan pada respositori. Contoh penggunaannya:

git log

Maka kita akan melihat log perubahan apa saja yang sudah dilakukan dalam repositori.

Log revisi yang sudah dibuat

Pada gambar di atas, terdapat dua revisi perubahan yang telah dilakuan.

Log yang Lebih Pendek

Untuk menampilkan log yang lebih pendek, kita bisa menambahkan argumen --oneline.

git log --oneline

Maka akan menghasilkan output:

06f735a ditambahkan isi
cf08ca0 commit pertama

Log pada Nomer Revisi/Commit

Untuk melihat log pada revisi tertentu, kita bisa memasukan nomer revisi/commit.

git log cf08ca0837cf26f1c595be36bb3a6b815e311be1

Maka akan menghasilkan output:

commit cf08ca0837cf26f1c595be36bb3a6b815e311be1
Author: Ardianta Pargo <[email protected]>
Date:   Mon Feb 13 18:08:56 2017 +0800

    commit pertama

Log pada File Tertentu

Untuk melihat revisi pada file tertentu, kita dapat memasukan nama filenya.

git log index.html

Maka akan menghasilkan output:

commit 06f735af7724558164c87f6b1ce3ca7778eb1c1b
Author: Ardianta Pargo <[email protected]>
Date:   Mon Feb 13 18:26:50 2017 +0800

    ditambahkan isi

commit cf08ca0837cf26f1c595be36bb3a6b815e311be1
Author: Ardianta Pargo <[email protected]>
Date:   Mon Feb 13 18:08:56 2017 +0800

    commit pertama

Karena file index.html sudah direvisi sebanyak dua kali.

Log Revisi yang dilakukan oleh Author Tertentu

Misalkan dalam repositori dikerjakan oleh banyak orang. Maka kita dapat melihat revisi apa saja yang dilakukan oleh orang tertentu dengan perintah berikut.

git log --author='Petani Kode'

Penutup

Itulah beberapa cara melihat log revisi pada repositori. Perintah yang digunakan adalah git log. Selanjutnya kita akan pelajari perintah git diff untuk melihat perbandingan pada revisi.

Selanjutnya: Tutorial Git 05 - Melihat Perbandingan Revisi

Baca Juga ini

Tutorial Git #3: Simpan Perubahan Revisi dengan Git Commit

Tutorial Git #3: Simpan Perubahan Revisi dengan Git Commit

Pada tutorial Git yang kedua, kita sudah membuat repositori kosong. Belum ada apa-apa di sana. Sekarang coba tambahkan sebuah file baru. Sebagai contoh, saya akan menambahkan tiga file HTML kosong. Setalah ditambahkan, coba ketik perintah git status untuk melihat status repositorinya. Berdasarkan keterangan di atas, saat ini kita berada cabang (branch) master dan ada tiga file yang belum ditambahkan ke Git. googletag.

Tutorial Git #2: Cara Membuat Repositori Baru dalam Proyek

Tutorial Git #2: Cara Membuat Repositori Baru dalam Proyek

Repositori (repository) dalam bahasa indonesia artinya gudang. Repositori merupakan istilah yang digunakan untuk direktori proyek yang menggunakan Git. Jika kita memiliki sebuah direktori dengan nama proyek-01 dan di dalamnya sudah menggunakan git, maka kita sudah punya repositori bernama proyek-01. Membuat RepositoriPembuatan repositori dapat dilakukan dengan perintah git init nama-dir. Contoh: git init proyek-01 Perintah tersebut akan membuat direktori bernama proyek-01. Kalau direktorinya sudah ada, maka Git akan melakukan inisialisasi di dalam direktori tersebut.

Tutorial Git #1: Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Tutorial Git #1: Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Kita sudah mengenal Git pada tulisan sebelumnya. Selanjutnya Kita akan melakukan instalasi dan persiapan untuk mulai belajar Git. Tulisan ini terbagi menjadi tiga bagian: Cara Instalasi Git di Linux. Cara Instalasi Git di Windows. Konfigurasi Awal yang Harus dilakukan Setelah Menginstal Git. Mari kita mulai… 1. Cara Install Git di LinuxInstalasi Git pada Distro keluarga Debian dapat menggunakan perintah apt. sudo apt install git atau

Apa itu Git dan Kenapa Penting bagi Programmer?

Apa itu Git dan Kenapa Penting bagi Programmer?

Git adalah salah satu tool yang sering digunakan dalam proyek pengembangan software. Git bahkan menjadi tool yang wajib dipahami oleh programmer, karena banyak digunakan di mana-mana. Pada kesempatan ini kita akan belajar Git dari dasar. Artikel ini hanya akan membahas pengenalan Git saja. Untuk mempelajari Git lebih lanjut, saya sudah menyediakan link di bagian akhir. Mengenal GitGit adalah salah satu sistem pengontrol versi (Version Control System) pada proyek perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds.

Cara Setup SSH untuk BitBucket

Cara Setup SSH untuk BitBucket

Jika komputer anda baru pertama kali terhubung dengan bitbucket, mungkin anda akan mendapatkan error ini ketika meng-upload atau push kode. Tidak seperti Github yang selalu meminta password setiap kali nge-push. Bitbucket menggunakan metode SSH Key untuk sinkronisasi repositori lokal dengan repositori remote (Bitbucket). Oleh karena itu, kita hanya perlu set up SSH untuk Git Bitbucket. 1. Membuat KeyGen SSHKetik perintah ssh-keygen pada termnial. Kemudian inputkan id (identitas) SSH anda.

Cara Upload File ke Server FTP ala Git

Cara Upload File ke Server FTP ala Git

Ketika kita akan men-deploy atau hosting sebuah web di server shared hosting, kita akan diberikan fasilitas FTP untuk upload file. Kita bisa menggunakan FTP Client seperti FileZilla untuk upload file. Namun, bagaimana kalau nanti ada perubahan? Tentu kita akan mencari file yang diubah dan di-upload lagi. Hal ini mungkin terasa sedikit melelahkan. Sedangkan, kalau kita menggunakan Git. Kita hanya perlu melakukan push untuk mengupload perubahan ke server atau repository remote.