author Ahmad Muhardian

Belajar Pemrograman Visual Basic di Linux dengan Gambas


Visual basic (VB) adalah pemrograman visual atau GUI dari bahasa basic yang dikembangkan oleh Microsoft. Pemrograman VB banyak diminati di kalangan pengguna Windows. Ada yang bilang, pemrograman VB hanya bisa dilakukan di windows saja. Pendapat tersebut tidak benar. Kita juga dapat melakukan pemrograman VB di Linux.

Belajar pemrograman visual basic di linux dengan Gambas (Visual basic-nya linux)

Pemrograman visual basic di linux dapat dilakukan menggunakan Gambas atau MonoDevelop (untuk VB.NET). Gambas singkatan dari Gambas Almost Means Basic merupakan sebuah IDE untuk pemrograman visual (vb) menggunakan bahasa basic di linux. Gambas juga bermakna udang dalam bahasa spanyol. Gambas pertama kali dikembangkan oleh Benoît Minisini.

Instalasi Gambas di ubuntu

Gambas dapat diunduh di sourceforge.net. Gambas juga tersedia di server repository Ubuntu. Jadi, kita dapat menginstal gambas melalui apt. Berikut ini perintah untuk mencari tahu nama paket gambas yang tersedia di server:

$ apt-cache search gambasgambas3 
- Complete visual development environment for Gambasgambas3-dev 
- Gambas compilation toolsgambas3-examples 
- Gambas examplesgambas3-gb-args 
- Gambas arguments parsergambas3-gb-cairo 
- Gambas bindings for cairogambas3-gb-chart 
- Gambas charting componentgambas3-gb-clipper 
- Gambas Clipper component...

Tersedia paket bernama gambas3, instal-lah paket ini dengan perintah:

sudo apt-get install gambas3

Membuat program salam

Kita akan membuat program salam. Program ini seperti program Hello World yang legendaris itu, hanya berfungsi untuk menampilkan ucapan salam. Silahkan buka Gambas, kemudian buatlah sebuah proyek Command Line Application.

membuat proyek aplikasi console di gambas

Setelah itu, pilihlah lokasi yang aman untuk menyimpan proyek.

Menyimpan proyek gambas

Kemudian memberikan nama dan judul proyek. Nama proyek akan menjadi nama direktori proyek, sedangkan judul proyek akan menjadi nama aplikasi yang dibuat.

memberikan nama dan judul proyek gambas

Setelah itu, klik OK. Maka proyek berhasil dibuat.

Proyek gambas berhasil dibuat

Sekarang, saatnya menulis kode. Klik ganda pada berkas MMain Kemudian tulislah kode berikut ini:

Public Sub Main()  
  Print "Assalamualaikum, saya sedang belajar gambas"
End

Menulis kode gambas

Setelah itu, kita akan menjalankan program. Tapi, sebelumnya tampilkanlah jendela console. Silahkan masuk ke menu view>console atau tekan tombol F11. Selanjutnya klik tombol run atau tekan tombol F5 untuk menjalankan program.

Menjalankan program salam gamabas

Aplikasi juga dapat dieksekusi di terminal. Pertama, kita harus membuat berkas binary dari aplikasi. Klik tombol Make executable:

Membuat berkas binary gamabs

Kemudian, tentukan direktori tempat menyimpannya. Kemudian klik OK.

Menyimpan berkas binary gamabs

Untuk menjalankannya melalui terminal, masuklah ke direktori tempat berkas binary tadi disimapn. Kemdian ketik perintah:

./nama_berkas_binary

Menjalankan aplikasi console gamabas melalui terminal

Baca Juga ini

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Pertemuan kedua praktikum bebas, memahami MVC Yii

Melanjutkan praktikum sebelumnya, pada pertemuan kedua ini kita akan belajar MVC (Model, View, Controller) Yii. Memahami MVC dengan praktik langsung. Modifikasi controller Jurusan Mari kita buka berkas JurusanController.php, yang berada di direktori backend/controllers/. Isi dari berkas tersebut berupa kelas bernama JurusanController, kelas ini turunan dari kelas Controller. <?php namespace backend\controllers; use Yii; use backend\models\Jurusan; use yii\data\ActiveDataProvider; use yii\web\Controller; use yii\web\NotFoundHttpException; use yii\filters\VerbFilter; /** * JurusanController implements the CRUD actions for Jurusan model.

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pertemuan pertama praktikum bebas, belajar framework Yii

Pagi tadi, pertemuan pertama praktikum bebas dimulai. Praktikum ini diadakan oleh STMIK Bumigora Mataram secara cuma-cuma. Praktikum ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memrogram. Pada praktikum ini, kita mempelajari framework yii. Persiapan senjata praktikumSebelum memulai praktikum, pastikan sudah memasang apache, php, dan mysql versi terbaru yang mendukung framework Yii. Di praktikum ini saya menggunakan Linux (Xubuntu). Sedikit informasi server web lokal yang sedang berjalan di laptop saya. $ php -v

Belajar HTML #07: Cara Membuat Link untuk Menghubungkan Halaman Web

Belajar HTML #07: Cara Membuat Link untuk Menghubungkan Halaman Web

Panduan lengkap cara membuat link di HTML. Pada tutorial ini, kita akan belajar membuat link menggunakan tag a dan mengenal atribut-atribut yang biasanya digunakan untuk membuat link.

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Manfaat fungsi max() di pemrograman python

Pernahkan anda bertemu dengan kasus perbandingan suatu nilai yang terbesar? Bila menyelesaikan menggunakan if dan datanya banyak, tentu akan terasa sangat merepotkan. Karena banyak nilai yang akan dibandingkan. Fungsi max() adalah fungsi bulid-in untuk mencari nilai tertinggi. Fungsi ini dapat diberikan sebuah parameter berupa angka. Artikel ini sebenarnya dibuat untuk menjawab sebuah pertanyaan di grup Python Indonesia. Saya pemilik pabrik sepatu, saya menugaskan staff saya untuk menginput jumlah penjualan bulan Januari, Februari, dan Maret 2014.

Belajar PHP: Memahami Prosedur dan Fungsi

Belajar PHP: Memahami Prosedur dan Fungsi

Banyak fungsi build-in dari php yang sering kita gunakan, seperti print(), print_r(), unset(), dll. Selain fungsi-fungsi tersebut, kita juga dapat membuat fungsi sendiri sesuai kebutuhan. Fungsi adalah sekumpulan intruksi yang dibungkus dalam sebuah blok. Fungsi dapat digunakan ulang tanpa harus menulis ulang instruksi di dalamnya. Fungsi pada PHP dapat dibuat dngan kata kunci function, lalu diikuti dengan nama fungsinya. Contoh: function namaFungsi(){ //... } Kode intruksi dapat di tulis di dalam kurung kurawal ({.

Pemrograman Javascript: Langkah Awal Belajar Javascript

Pemrograman Javascript: Langkah Awal Belajar Javascript

Pada tutorial ini, kamu akan berkenalan dengan javascript dan belajar cara membuat program pertama dengan Javascript. Javascript adalah bahasa pemrograman yang wajib dipelajari, apabila kamu ingin mendalami dunia web development.