author Ahmad Muhardian

Belajar C#: Mengenal Fungsi Input dan Output pada C#


Pada dasarnya..

Program komputer hanya terdiri dari tiga bagian penting, yakni: input, proses, dan output.

Struktur dasar program komputer

Bagian input adalah bagaian yang bertanggung jawab untuk input data pada program.

Ada berbagai macam cara memberikan input ke dalam program. Misalnya, kita diminta untuk mengisi data.. tentu kita akan menggunakan keyboard.

Input di sini bisa berasal dari perangkat-perangkat input, seperti keyboard, scanner, kamera, microphone, dll.

Begitu juga dengan output.

Pada pemrograman, biasanya kita menggunakan keyboard untuk input dan layar monitor untuk menampilkan outputnya.

Nah, pada tutorial ini, kita akan mengenal fungsi dasar untuk mengambil input dan menampilkan output pada C#.

Mari kita mulai…

Fungsi Output pada C#

Pertama kita bahas dulu tentang fungsi output, karena lebih mudah dipahami.

Baiklah…

Ini adalah fungsi untuk menampilkan output pada C#:

Console.Write("Teks yang akan ditampilkan ke layar");

Perhatikan cara penulisannya.. Huruf C dan W menggunakan huruf besar. Kemudian teks yang akan ditampilkan di layar harus diapit dengan tanda petik.

Memangnya kenapa harus pakai tanda petik?

Kalau tidak diapit dengan tanda petik, dia akan dianggap variabel.

Contoh yang salah:

console.write(saya belajar c#);

Jika kamu menulisnya seperti ini, dijamin program akan error 😄.

Oke sekarang.. Mari kita coba dalam program.

Buatlah program dengan kode seperti ini: ProgramOutput.cs

using System;

public class ProgramOutput
{
    public static void Main(string[] args)
    {
        Console.WriteLine("Selamat Datang di Pemrograman C#");
        Console.WriteLine("Ini adalah tutorial belajar C# dari dasar");
        Console.WriteLine("Terima kasih sudah menggunakan program ini");
    }
}

Setelah itu, kompilasi program tersebut dan jalankan.

Perhatikanlah hasilnya:

Program output C#

Program berhasil menampilkan teks yang kita tulis di dalam fungsi WriteLine().

Tanda Petik Tunggal Vs Tanda Petik Ganda

Kita wajib mengapit teks yang ingin kita tampilkan ke layar dengan tanda petik.

Nah ada dua tanda petik yang bisa digunakan, yakni tanda petik tunggal ('...') dan tanda petik ganda ("...").

Apa bedanya?

Tanda petik tunggal biasanya digunakan untuk menampilkan satu huruf atau karakter saja.

Contoh:

Console.WriteLine('D');

Sementara tanda petik ganda digunakan untuk menampilkan lebih dari satu huruf, atau bisa kita sebut dengan teks.

Contoh:

Console.WriteLine("Saya adalah Monkey D. Luffy");

Jika kamu mencoba menggunakan tanda petik tunggal untuk menampilkan teks yang panjang, maka program akan error dengan pesan error:

Too many characters in character literal

Artinya terlalu banyak karakter di dalam tanda petik tunggal.

Karena itu…

Pastikan kamu menggunakan tanda petik ganda untuk teks dan tunggal untuk huruf atau karakter.

Perbedaan WriteLine() dengan Write()

WriteLine() dan Write() merupakan dua fungsi yang bisa kita gunakan untuk menampilkan teks atau output ke layar.

Lalu apa bedanya?

…dan kapan saya harus menggunakan WriteLine() dan Write()?

Fungsi WriteLine() akan menampilkan teks dalam satu baris atau baris baru, sedangkan Write() tidak akan membuat baris baru.

Perbedaan fungsi WriteLine dengan Write

Untuk lebih jelasnya…

Mari kita coba membuat program dengan kedua fungsi tersebut.

Silakan buat program baru bernama Biodata.cs, kemudian isi dengan kode berikut:

using System;

class Biodata
{
	static void Main(String[] args)
	{
		Console.WriteLine("=== BIODATA SAYA ===");
		Console.Write("Nama: ");
		Console.Write("Dian");
		Console.WriteLine();
		Console.WriteLine("Alamat: Jakarta");
	}
}

Setelah itu, lakukan kompilasi dan jalankan!

Maka hasilnya:

Program Biodata dengan C#

Coba perhatikan kode programnya…

Di sana kita menggunakan fungsi Console.WriteLine() tanpa memberikan teks apapun.

Bolehkah seperti ini?

Tentu saja boleh, buktinya programnya nggak error kan?

Apabila kita tidak memberikan apapun pada fungsi Console.WriteLine(), maka nantinya akan membuat baris baru.

Coba saja hilangkan fungsi tersebut.

using System;

class Biodata
{
	static void Main(String[] args)
	{
		Console.WriteLine("=== BIODATA SAYA ===");
		Console.Write("Nama: ");
		Console.Write("Dian");
-		Console.WriteLine();
		Console.WriteLine("Alamat: Jakarta");
	}
}

Maka nanti hasilnya akan seperti ini:

Program output menggunakan C#

Paham?

Bagus!

Jadi kapan kita harus menggunakan Write() dan WriteLine()?

Gunakanlah fungsi Write() saat kita tidak ingin membuat baris baru, dan WriteLine() saat kita ingin membuat baris baru.

Oke sekarang kita lanjut ke fungsi input…

Fungsi Input pada C#

Nah kalau tadi ada fungsi Write() dan WriteLine() untuk output, sekarang untuk input ada fungsi Read(), ReadKey()dan ReadLine().

Fungsi ReadLine() akan membaca teks yang kita ketik dalam satu baris (teks).

Sedangkan Fungsi Read() dan ReadKey() akan membaca satu huruf saja dari teks yang kita ketik. Read() akan menghasilkan tipe data int sedangkan ReadKey() akan menghasilkan data dengan tipe character.1

Bingung?

Tenang…

Nanti kita akan bahas lebih dalam tentang variabel dan tipe data pada artikel yang berbeda.

Untuk saat ini, pastikan kamu memahami konsep input dan output pada program.

Sekarang mari kita langsung praktek!

Buatlah program baru bernama ProgramInput.cs, kemudian isi dengan kode berikut:

using System;

class ProgramInput
{
    static void Main(String[] args)
    {
        Console.WriteLine("=== PROGRAM KEREN ===");
        Console.Write("Tuliskan nama kamu: ");
        string nama = Console.ReadLine();
        Console.WriteLine("Hi, {0} selamat datang!", nama);

    }
}

Setelah itu, lakukan kompilasi dan jalankan!

Maka hasilnya:

Program Input dan output pada C#

Perhatikan kode program di atas…

Di sana kita menggunakan variabel nama untuk menyimpan teks yang diinputkan.

string nama = Console.ReadLine();

Kemudian menampilkannya dengan cara seperti ini:

Console.WriteLine("Hi, {0} selamat datang!", nama);

Mengapa sih kita harus menggunakan variabel?

…dan jelaskan maksud dari tanda {0} pada fungsi WriteLine()?

Ingat kembali tentang konsep dasar program yang saya jelaskan di awal artikel ini.

Di sana ada input, proses, dan output.

Struktur dasar program komputer

Variabel di sini berperan sebagai penampung data yang akan kita proses dalam program.

Pada contoh program di atas, kita memang belum melakukan proses apapun. Tapi tetap, akan membutuhkan variabel karena kita akan menampilkannya ke layar.

Lalu untuk simbol {0} ini adalah sebuah placeholder yang nantinya akan digantikan dengan isi dari variabel.

Sebenarnya kita bisa menggunakan simbol + juga seperti ini:

Console.WriteLine("Hi, " + nama + " selamat datang!");

Namun, saya kira menggunakan placeholder {} akan lebih mudah dibaca.

Selain penulisan dengan cara di atas, kita juga bisa menulisnya dengan simbol $ seperti ini:

Console.WriteLine($"Hi, {nama} selamat datang!");

Oh iya, teknik ini disebut string interpolation.2

Akhir Kata…

Kita sudah belajar bagaimana konsep dasar program komputer. Ada input, proses, dan output.

Nah untuk fungsi input dan output pada C#, saya harap kamu sudah paham.

Selanjutnya untuk bagian proses, kita harus memahami variabel, operator, percabangan, perulangan, dll.

Karena itu, silakan lanjutkan ke:

➡️ Tutorial C# 05 – Mengenal Variabel, Konstanta, dan Tipe Data

Ada pertanyaan?

Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar!