author Ahmad Muhardian

Cara Redirect Domain dengan CloudFlare


Saya akhirnya mengurus jaringan lagi, setelah sekian lama tidak belajar jaringan. Pada proses migrasi kemarin, proses propagasi domain memakan waktu cukup lama. Domain Petani Kode www.petanikode.com masih menunjukan halaman 404. Namun, domain yang tanpa menggunakan www, sudah bisa diakses.

Karena tidak ingin semua pengunjung mendapatkan error 404, saya harus melakukan redirect ke domain baru yang tidak menggunakan www. Berikut ini caranya.

1. Masuk ke Halaman Pages Rules

Silahkan buka halaman Pages Rules di Cloudflare.

Menu Cloudflare

2. Buat Pages Rules Baru

Klik tombol Create Page Rule.

Menu Cloudflare

3. Input data domain

Masukkan domain yang akan dialihkan ke, misalnya saya ingin mengalihkan www.petanikode.com ke petanikode.com saja.

Membuat aturan pengalihan

Setelah itu, klik save and deploy.

Sampai tahap ini, cobalah untuk mengakses alaman yang dialihkan tadi. Kalau pengalihan berhasil berarti konfigurasi sudah benar.

Baca Juga ini

Cara Setup SSH untuk BitBucket

Cara Setup SSH untuk BitBucket

Jika komputer anda baru pertama kali terhubung dengan bitbucket, mungkin anda akan mendapatkan error ini ketika meng-upload atau push kode. Tidak seperti Github yang selalu meminta password setiap kali nge-push. Bitbucket menggunakan metode SSH Key untuk sinkronisasi repositori lokal dengan repositori remote (Bitbucket). Oleh karena itu, kita hanya perlu set up SSH untuk Git Bitbucket. 1. Membuat KeyGen SSHKetik perintah ssh-keygen pada termnial. Kemudian inputkan id (identitas) SSH anda.

Pemrograman Android: Cara Periksa Konektivitas Internet Pengguna

Pemrograman Android: Cara Periksa Konektivitas Internet Pengguna

Pengembangan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk operasinya, perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Contoh sebuah aplikasi yang menreapkan API Google Maps, membutuhkan koneksi internet untuk menampilkan peta. Akan tetapi, tidak dilakukan pengecekan koneksi internet. Aplikasi pun gagal menampilkan peta dan tampa pesan umpan balik. Pengecekan koneksi internet akan membantu kita membuat umpan balik ke pengguna aplikasi. Misalkan, ketika user ingin menampilkan peta Google Map, periksa terlebih dahulu koneksi internetnya.

Konfigurasi Server Apache PHP di Linux agar bisa Upload File

Konfigurasi Server Apache PHP di Linux agar bisa Upload File

Saya berencana akan melakukan instal ulang dalam waktu dekat ini. Karena ada beberapa kerusakan yang saya temukan di Distro Linux yang sedang saya pakai. Sebelum melakukan itu, ada baiknya mencatat dulu konfigurasi server yang sedang berjalan. Supaya nanti mudah mengonfigurasi lagi. Server Apache dan PHP di Linux tidak seperti server XAMPP di Windows. Server Apache dan PHP di linux memiliki hak akses direktori yang harus dipatuhi.

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Saya tidak Bisa Bahasa Pemrograman Go, Terpaksa ini yang Saya Lakukan

Ada cerita menarik yang saya alami ketika migrasi Petani Kode dari Blogger ke Hugo. Waktu itu, ketika saya ingin mengimpor konten dari Blogger ke Hugo, ada sesuatu yang kurang dari skrip Go yang disediakan. Kekuarangnnya tidak mampu membuat atau mengambil gambar (thumbnail) untuk setiap artikel. Saya kemudian berpikir, mungkin nanti saya bisa edit setiap gambar untuk artikel. Namun, rasanya akan sangat melelahkan melakukannya karena jumlah artikelnya sampai ratusan. Tidak ingin melakukan hal yang berulang-ulang seperti kata orang, Don’t Repeat Yourself di singkat DRY.

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi

Kami menyadari bahwa privasi Anda sangat penting, untuk itu kami berusaha menuliskan beberapa kebijakan privasi (Privacy Policy) yang berhubungan dengan penggunaan website ini: Informasi apa yang kami kumpulkan?Kami mengumpulkan informasi dari Anda ketika Anda melakukan login untuk memberikan komentar, pengisiaan form kontak kami, mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselengarakan ataupun pengumpulan informasi lainya. Saat mengisi data di situs Petani Kode, sebagaimana mestinya, Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan: nama, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, nomor telepon atau akun jejaring sosial.

Peraturan dan Syarat Penggunaan

Peraturan dan Syarat Penggunaan

Dengan mengakses situs web ini, Anda setuju untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan Penggunaan, semua hukum dan peraturan yang berlaku, dan setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk mematuhi hukum setempat yang berlaku. Jika Anda tidak setuju dengan ini, Anda dilarang untuk menggunakan atau mengakses situs ini. Materi yang terkandung dalam situs web ini telah dilindungi oleh Hak Cipta yang berlaku dan Hak Kekayaan Intelektual. Penggunaan LisensiIzin diberikan sementara untuk mengunduh salinan materi artikel/berita (teks, foto, video, logo) pada situs Petani Kode untuk pribadi, untuk penggunaan sementara dan non-komersial.