author Ahmad Muhardian

Pemrograman Android: Cara Periksa Konektivitas Internet Pengguna


tutorial Pemrograman android

Pengembangan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk operasinya, perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Contoh sebuah aplikasi yang menreapkan API Google Maps, membutuhkan koneksi internet untuk menampilkan peta.

Akan tetapi, tidak dilakukan pengecekan koneksi internet. Aplikasi pun gagal menampilkan peta dan tampa pesan umpan balik.

Pengecekan koneksi internet akan membantu kita membuat umpan balik ke pengguna aplikasi.

Misalkan, ketika user ingin menampilkan peta Google Map, periksa terlebih dahulu koneksi internetnya. Kalau ada koneksi, izinkan untuk membuka activity Google Map.

Berikut ini fungsi atau method yang dapat digunakan untuk memeriksa koneksi internet pengguna.

private boolean adaInternet(){
    ConnectivityManager koneksi = (ConnectivityManager) getSystemService(Context.CONNECTIVITY_SERVICE);
    return koneksi.getActiveNetworkInfo() != null;
}

Ketika anda mengetik kode fungsi di atas di Android Studio, maka akan otomatis pustakanya diimpor.

import android.content.Context;
import android.net.ConnectivityManager;

Jangan lupa, tambahkan juga dua baris kode ini ke dalam AndroidManifest.xml:

<uses-permission android:name="android.permission.ACCESS_WIFI_STATE" />
<uses-permission android:name="android.permission.ACCESS_NETWORK_STATE" />

Setelah itu, untuk menggunkan fungsi yang dibuat tadi, kita dapat memanfaatkan event tombol diklik atau event yang lainnya.

Contoh:

Button btn = (Button) findViewById(R.id.button);

btn.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
    @Override
    public void onClick(View view) {
        if(adaInternet()){
        // tampilkan peta
        Toast.makeText(getActivity(), "Terhubung ke internet", Toast.LENGTH_LONG).show();
        }else{
        // tampilkan pesan
        Toast.makeText(getActivity(), "Tidak ada koneksi internet", Toast.LENGTH_LONG).show();
        }
    }
});

Hasilnya akan ditampilkan pesan (Toast) “Terhubung ke internet” bila ponsel terhubung ke interet.

Sedangkan kalau tidak, akan ditampilkan pesan “Tidak ada koneksi internet”.

Referensi: http://stackoverflow.com/a/9570292

Baca Juga ini

Emulator Alternatif untuk Android Studio

Emulator Alternatif untuk Android Studio

Emulator Android terasa berat? Mungkin kamu harus upgrade RAM atau gunakan emulator alternatif. Emulator bawaan Android memang terasa berat bagi yang menggunakan komputer dengan spesifikasi rendah. Android manyarankan spesifikasi minimal RAM 8GB, tapi kita tidak punya RAM sebanyak itu. Bagaimana cara mengatasinya? Gunakan emulator alternatif. Ada dua emulator alternatif yang bisa kita gunakan untuk debug dan deploy aplikasi android: Menggunakan Genymotion Menggunakan Hp sendiri Pada tulisan ini kita akan belajar cara menggunakan emulator alternatif untuk mengembangkan aplikasi android.

Cara Instal Android SDK dan NDK di Linux

Cara Instal Android SDK dan NDK di Linux

Android SDK (Software Development Kit) dan NDK (Nativte Development Kit) adalah dua alat yang harus kita persiapkan untuk membuat aplikasi Android. Android SDK berisi peralatan, API, dan Emulator yang kita butuhkan dalam pengembangan aplikasi Android. Sedangkan, Android NDK memungkinkan kita membuat aplikasi Android dengan bahasa pemrograman C/C++. Pada kesempatan ini kita akan belajar cara menginstal Android SDK dan NDK di Linux. Cara Instal Android SDK di Linux Download Android SDK di website resmi Android Developer: http://developer.

4 Masalah Android Studio di Linux dan Solusinya

4 Masalah Android Studio di Linux dan Solusinya

Apakah kamu baru pindah ke Linux dan menggunakan Android Studio di sana? Mungkin kamu akan mendapatkan beberapa masalah, karena cara instal Android Studio-nya belum benar. Berikut ini beberapa masalah yang biasanya terjadi dan solusinya: 1. KVM is MissingKVM adalah sebuah mesin virtual berbasis kernel (Kernel Based Virtual Machine). KVM akan digunakan oleh android studio untuk membuat emulator. Apabila kamu mendapatkan masalah: “KVM is Missing” …itu artinya KVM belum terinstal di komputermu.

Konfigurasi Server Apache PHP di Linux agar bisa Upload File

Konfigurasi Server Apache PHP di Linux agar bisa Upload File

Saya berencana akan melakukan instal ulang dalam waktu dekat ini. Karena ada beberapa kerusakan yang saya temukan di Distro Linux yang sedang saya pakai. Sebelum melakukan itu, ada baiknya mencatat dulu konfigurasi server yang sedang berjalan. Supaya nanti mudah mengonfigurasi lagi. Server Apache dan PHP di Linux tidak seperti server XAMPP di Windows. Server Apache dan PHP di linux memiliki hak akses direktori yang harus dipatuhi. Sehingga, kalau kita membuat skrip upload file akan selalu gagal.

Pilihan Alternatif Java dan Symbolic Link yang Buntu

Pilihan Alternatif Java dan Symbolic Link yang Buntu

Ketika saya bermain-main dengan perintah update-alternative untuk menambahakan pilihan alternatif java, malah terjadi error. Hal ini disebabkan karena saya salah memasukkan symbolic link ketika menambahkan pilihan alternatif. Berikut ini perintah salah yang menyebabkan masalah: sudo update-alternative --install /etc/alternatives/java java /opt/jdk1.8.0_77/bin/java Perhatikan teks yang berwarna merah. Teks tersebut merupakan symbolic link yang berlokasi di /etc/alternatives. Symbolic link yang seharusnya dimasukkan adalah /usr/bin/java. Akibatnya, error: [email protected]:~$ sudo update-alternatives --config java update-alternatives: error: cannot stat file '/etc/alternatives/java': Too many levels of symbolic links Tidak dapat memilih alternatif java, karena symbolic link java yang berada di /etc/alternatives buntu (broken).

Cara Menggunakan Banyak JDK di Linux agar tidak Bentrok

Cara Menggunakan Banyak JDK di Linux agar tidak Bentrok

Saya menginstal lebih dari satu JDK di Linux (Xubuntu). Ada Open JDK 8, Open JDK 7, dan Oracle JDK 8. Awalnya saya hanya punya Open JDK 8. Kemudian setelah mengintal Gradle, Open JDK 7 juga ikut tersintal. Selain itu, saya juga menginstal Oracle JDK 8 Secara manual di direktori /opt. Saat ini JDK yang sedang aktif digunakan adalah Open JDK 7. Beberapa IDE tidak mendukung bila menggunakan Open JDK 7.