Pemrograman Android: Mengenal Activity dan Siklus Hidupnya
Aplikasi Android setidaknya memiliki satu atau lebih Activity.
“Bagaimana kalau tidak memiliki Activity?”
Aplikasi itu akan menjadi aplikasi yang hanya bisa berjalan secara background saja dan tidak memiliki tampilan apa-apa.
Alias aplikasi demit 😄.
Pada kesempatan ini kita akan berkenalan dengan Activity dan memahami siklus hidup Activity dalam aplikasi.
Mari kita mulai…
Pengertian Activity
Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi.
Bila dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop, Activity sama seperti halaman dan form.
Android | Web | Desktop |
---|---|---|
Activity | Halaman | Form |
Activity tidak hidup abadi selamanya, dia bisa diciptakan dan dihancurkan.
Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.
Ada beberapa kondisi yang akan dialami oleh Activity seperti yang tergambar pada flow chart berikut ini.
Penjelasannya:
onCreate()
adalah kondisi awal saat Activity baru diciptakan, biasanya dilakukan inisialisasi pada tahapan ini.onStart()
adalah saat Activity dimulaionResume()
adalah saat Activity dibuka kembali, biasanya dieksekusi setelahonPause()
onPause()
akan dipanggil saat ada Activity lain yang terbuka.onStop()
adalah kondisi saat Activity tidak ditampilkan di layar (biasanya saat pengguna menekan tombol Home).onRestart()
adalah kondisi saat Activity kembali dibuka oleh pengguna.onDestroy()
adalah kondisi saat Activity dihancurkan pada memori.
Latihan Activity
Baik! agar lebih paham pembahasan di atas, sekarang kita latihan dengan membuat aplikasi sederhana.
Membuat Proyek Baru
Silakan buat proyek baru dengan nama LatihanActivity.
Kemudian tentukan minimum SDK yang digunakan.
Selanjutnya, pilih jenis Activity yang akan dibuat. Pilih saja Blank Activity.
Setelah itu, isi nama Activity-nya dengan MainActivity.
Tunggulah beberapa saat…
Proyek kita sedang dibuat.
Saatnya Coding
Aplikasi ini hanya bertugas menampilkan pesan dengan Toast, untuk menujukan kondisi siklus hidup Activity.
Ada dua tombol yang akan kita buat:
- Tombol untuk membuka Activity lain (buka URL dengan browser);
- Tombol untuk menutup Activity.
Mari kita buat…
Silakan buka file activity_main.xml
,
kemudian kondisikan kodenya seperti ini.
(jangan dicopas, sebaiknya diketik sendiri agar lebih paham)
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:id="@+id/activity_main"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
android:orientation="vertical"
tools:context="com.petanikode.latihanactivity.MainActivity">
<Button
android:id="@+id/btn_start_activity"
android:text="Buka Activity Lain"
android:layout_marginBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content" />
<Button
android:id="@+id/btn_close"
android:text="Tutup Activity"
android:layout_marginBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content" />
</LinearLayout>
Maka sekarang kita memiliki dua buah tombol.
Setelah itu, silakan buka MainActivity.java
dan ikuti kode berikut.
|
|
Setelah itu, silakan coba jalankan aplikasi dari menu run–>Run (app) …
Bedah Kode
Pertama kita membutuhkan beberapa Class untuk melengkapi aplikasi ini:
import android.content.Intent;
import android.net.Uri;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.Toast;
Lalu ada Class MainActivity
yang merupakan turunan dari Class AppCompatActivity
dan mengimplementasikan Interface View.OnClickListener
untuk meng-handle event onClick()
.
public class MainActivity extends AppCompatActivity implements View.OnClickListener {
//...
}
Selanjutnya, kita deklarasikan komponen (dua tombol) yang dibutuhkan dalam kode.
// deklarasi komponen
Button btnClose, btnStartActivity;
Dua tombol tersebut, kemudian diinisialisasikan pada method onCreate()
.
Method ini akan dieksekusi setiap Activity dicitpakan.
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
// inisialisasi komponen
btnClose = (Button) findViewById(R.id.btn_close);
btnStartActivity = (Button) findViewById(R.id.btn_start_activity);
btnClose.setOnClickListener(this);
btnStartActivity.setOnClickListener(this);
Toast.makeText(this, "Activity: onCreate()", Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
Dalam inisialisasi komponen, kita membuat objek dari komponen yang ada di activity_main.xml
ke java dengan bantuan fungsi findViewById()
.
btnClose = (Button) findViewById(R.id.btn_close);
btnStartActivity = (Button) findViewById(R.id.btn_start_activity);
Setelah itu, kita bisa tentukan Class yang akan meng-handle komponen tersebut
apabila diklik dengan method setOnClickListener()
.
btnClose.setOnClickListener(this);
btnStartActivity.setOnClickListener(this);
Selanjutnya, kita tampilkan pesan Toast pada method onStart()
, onStop()
, onPause()
dan onResume()
.
@Override
protected void onStart(){
super.onStart();
Toast.makeText(this, "Activity: onStart()", Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
@Override
protected void onResume(){
super.onResume();
Toast.makeText(this, "Activity: onResume()", Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
@Override
protected void onPause(){
super.onPause();
Toast.makeText(this, "Activity: onPause()", Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
@Override
protected void onStop(){
super.onStop();
Toast.makeText(this, "Activity: onStop()", Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
Terakhir, kita buat kode untuk meng-handle event onClick()
(saat tombol diklik).
@Override
public void onClick(View view) {
switch (view.getId()){
case R.id.btn_start_activity:
// buka activity browser
Intent petanikodeActivity = new Intent(Intent.ACTION_VIEW);
petanikodeActivity.setData(Uri.parse("http://petanikode.com"));
startActivity(petanikodeActivity);
break;
case R.id.btn_close:
finish();
break;
}
}
Pada kode di atas, kita menggunakan fungsi finish()
untuk mengakhiri Activity.
Maka setelah pemanggilan fungsi finish()
, Activity akan menjadi onStop()
atau onDestroy()
bila sudah terhapus dalam memori.
“Tunggu dulu…mana onDestroy()
, kok tidak dibuat coding-nya?”
Terkait dengan onDestroy()
saya sudah coba membuatnya di MainActivity,
tapi belum bisa dieksekusi.
Menurut beberapa pendapat di StackOverflow, onDestroy()
berlaku untuk Activity yang di-finish()
secara eksplisit.
Silakan cek diskusinya:
Apa Selanjutnya?
Kita sudah mengenal dan belajar menggunakan Activity, namun masih banyak yang harus kita pelajari tentang Activity di antaranya:
- Cara Membuka Activity Lain dengan Membawa Data ke sana.
- Cara Membuka Implisit dan Eksplisit Activity.
- Cara Membuka Activity dan Mengembalikan Data dari sana.
Sekian dulu tutorial android kali ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.
Kalau ada pertanyaan, silakan sampaikan melalui komentar.