author Ahmad Muhardian

Mau Semangat Coding? Coba Activate Power Mode


Pada akhir tahun 2015, saya pernah menulis tentang plug-in Atom bernama activate-power-mode. Plug-in memang keren, membuat kita merasa semakin asyik menulis kode. Kepopuleran plug-in ini membuat programmer yang lain ikut membuat plug-in serupa untuk teks editor selain Atom.

Berikut ini daftar plug-in activate-power-mode, dikutip dari repositori awesome-power-mode.

1. Atom

Awalmulanya plug-in ini dibuat sebagai replikas dari Code in Dark Editor. Kita harus mendapatkan skor di atas 200 untuk dapat menyaksikan efek activate-power-mode. Sedangkan, kalau kita menggunakan plug-in kita tidak perlu mendapatkan skor.

Cara instal plugin dapat di baca di sini.

Activate Power Mode

2. Brackets

Seorang programmer dengan nama akun Github Equals182, membuat plugin activate-power-mode untuk teks editor Brackets.

Alamat repositorinya: https://github.com/Equals182/brackets-power-mode

3. Codemirror

Pengguna Github bernama chinchang membuat plugin activate-power-mode untuk Codemirror.

Demo Code Mirror

4. IDEA

IntelliJ IDEA merupakan salah satu IDE untuk bahasa pemrograman Java. Android Studio dikembangkan dari IDEA, mungkin saja activate-power-mode untuk IDEA bisa juga digunakan untuk Android Studio.

Alamat Repositori: https://github.com/ViceFantasyPlace/activate-power-mode

Activate Power Mode IDEA

5. PHPStrom

PHPStrom juga IDE pengembangan dari IntelliJ IDEA. Namun, ada juga activate-power-mode-nya tersendiri.

Activate Power Mode PHPStrom

Woho, panas 😄 activate-power-mode di PHPStrom ada apinya.

6. Javascript

Javascript memang bukan teks editor. Atom sendiri dibuat dengan Javascript. Karena itu, ada juga yang membuatnya untuk libaray javascript.

Live demo: http://0xabcdef.com/activate-power-mode/ Repositori: https://github.com/disjukr/activate-power-mode

7. Vim

Teks editor legendaris, tidak banyak yang bisa menggunakannya. Konon, yang menguasai teks editor ini, bisa dibilang sudah master.

Activate Power Mode di Vim

Repositri: https://github.com/mattn/vim-particle

8. Visual Studio

Visual Studio merupakan IDE untuk pemrograman VB, C#, dan .NET. Visual Studio merupakan produk yang dikeluarkan Microsoft.

Activate Power Mode Visual Studio

Repositri: https://github.com/LiamMorrow/Visual-Studio-Power-Mode

9. Windows

Activate Power Mode yang satu ini khusus untuk sistem operasi Windows. Efek activate-power-mode muncul ketika mengetik. Bisa untuk Notepad++, Notepad, dan teks editor Windows lainnya.

Activate Power Mode Windows

Repositori: https://github.com/if1live/ParticleOnTextCursor

10. XCode

XCode merupakan IDE untuk MacOS. Tidak mau kalah dengan yang lain, plug-in activate-power-mode untuk XCode tersedia dalam tiga respositori.

Activate Power Mode XCode

Repositori

11. Hyper

Hyper bukan teks editor maupun IDE. Hyper adalah Terminal Emulator berbasis Web ( Javascript). Pada website resminya, Hyper memperlihatkan efek activate-power-mode.

Acivate Power Mode Hyper

Itulah beberapa plug-in Activate Power Mode untuk berbagai merek teks editor, libaray, serta terminal emulator. menurut kalian manakah yang paling bagus?

Referensi:

Baca Juga ini

6 Teks Editor Berbasis Teks (CLI) di Linux untuk Menulis Kode

6 Teks Editor Berbasis Teks (CLI) di Linux untuk Menulis Kode

Teks editor merupakan software yang wajib dimiliki programmer. Karena dengan teks editor lah kita dapat menulis kode. Kali ini, saya akan mengulas 6 teks editor berbasis teks (CLI) di Linux yang dapat kita gunakan untuk menulis kode program. 1. Pico Pico merupakan teks editor berbasis teks yang mudah digunakan. Teks editor ini menjadi favorit para pengguna baru. Pico awalnya hadir bersama Pine email client.

Menulis Kode dengan Activate Power Mode di Atom

Menulis Kode dengan Activate Power Mode di Atom

Beberapa minggu yang lalu, saya menemukan sebuah gambar animasi gif di facebook. Animasi penulisan kode yang disertai efek partikel bertaburan. Menarik, sepertinya akan menyenangkan menulis kode dengan efek ini. Tidak lama kemudian, saya menemukan modulnya untuk Atom. Efek ini awalnya hanya bisa dinikmati di Code in Dark Editor. Kemdian, seorang programmer bernama Joel Besada membuat replikasinya. Joel menulis sebuah modul untuk Atom, namanya activate-power-mode. Berikut ini cuplikannya: Cara Instal Activate Power ModeBuka teks editor Atom, kemudian masuk ke manu Edit>Preferences atau tekan tombol Ctrl+, (koma).

Tutorial Git #4: Melihat Catatan Log Revisi

Tutorial Git #4: Melihat Catatan Log Revisi

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah membuat dua revisi pada repositori project-01. Sekarang bagaimana caranya kita melihat catatan log dari revisi-reivisi tersebut? Git sudah menyediakan perintah git log untuk melihat catatan log perubahan pada respositori. Contoh penggunaannya: git log Maka kita akan melihat log perubahan apa saja yang sudah dilakukan dalam repositori. Pada gambar di atas, terdapat dua revisi perubahan yang telah dilakuan. Log yang Lebih PendekUntuk menampilkan log yang lebih pendek, kita bisa menambahkan argumen --oneline.

Tutorial Git #3: Simpan Perubahan Revisi dengan Git Commit

Tutorial Git #3: Simpan Perubahan Revisi dengan Git Commit

Pada tutorial Git yang kedua, kita sudah membuat repositori kosong. Belum ada apa-apa di sana. Sekarang coba tambahkan sebuah file baru. Sebagai contoh, saya akan menambahkan tiga file HTML kosong. Setalah ditambahkan, coba ketik perintah git status untuk melihat status repositorinya. Berdasarkan keterangan di atas, saat ini kita berada cabang (branch) master dan ada tiga file yang belum ditambahkan ke Git. googletag.

Tutorial Git #2: Cara Membuat Repositori Baru dalam Proyek

Tutorial Git #2: Cara Membuat Repositori Baru dalam Proyek

Repositori (repository) dalam bahasa indonesia artinya gudang. Repositori merupakan istilah yang digunakan untuk direktori proyek yang menggunakan Git. Jika kita memiliki sebuah direktori dengan nama proyek-01 dan di dalamnya sudah menggunakan git, maka kita sudah punya repositori bernama proyek-01. Membuat RepositoriPembuatan repositori dapat dilakukan dengan perintah git init nama-dir. Contoh: git init proyek-01 Perintah tersebut akan membuat direktori bernama proyek-01. Kalau direktorinya sudah ada, maka Git akan melakukan inisialisasi di dalam direktori tersebut.

Tutorial Git #1: Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Tutorial Git #1: Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukan

Kita sudah mengenal Git pada tulisan sebelumnya. Selanjutnya Kita akan melakukan instalasi dan persiapan untuk mulai belajar Git. Tulisan ini terbagi menjadi tiga bagian: Cara Instalasi Git di Linux. Cara Instalasi Git di Windows. Konfigurasi Awal yang Harus dilakukan Setelah Menginstal Git. Mari kita mulai… 1. Cara Install Git di LinuxInstalasi Git pada Distro keluarga Debian dapat menggunakan perintah apt. sudo apt install git atau