Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Persiapan Pemrograman Web di Linux

– 09 October 2016
Pemrograman web yang akan saya bahas kali ini adalah permograman web yang menggunakan PHP. Ada pun pemrograman web yang menggunakan bahasa selain PHP (insa'allah) akan saya bahas di waktu mendatang. Ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan untuk memrogram web di Linux, diantaranya:

1. Teks Editor

Teks Editor digunakan untuk menulis kode. Banyak pilihan teks editor yang dapat digunakan, diantaranya: Gedit, Geany, Atom, Sublime, CodeLite, dsb. Pilihlah teks editor yang anda sukai. Saya sendiri menggunakan teks editor Atom.
Text Editor Atom di Linux Mint 18

2. Browser

Browser digunakan untuk membuka web. Jadi web yang kita buat akan ditampilkan di browser. Ada beberapa browser yang dapat digunakan di Linux, diantaranya: Mozilla Firefox, Google Chrome, Chromium, Opera, dsb. Pilihlah browser yang anda sukai. Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan Firefox.
Mozilla Firefox di Linux Mint 18

3. PHP

PHP adalah bahasa skrip, karena itu kita membutuhkan interpreter untuk menjalankannya. Silahkan instal PHP dengan perintah berikut ini:
sudo apt install php5
atau untuk PHP 7
sudo apt install php7.0
Periksalah versi PHP yang terinstal dengan mengetik perintah php -v pada terminal.
Cek Versi PHP yang terinstal
PHP yang terinstal di linux secara default akan diatur sebagai Production Server. Silahkan ganti menjadi Development agar bisa menampilkan error untuk debugging. Silahkan baca: Cara Menampilkan Pesan Error untuk Debugging PHP.

4. Server Web (Apache) 

Tanpa Server Web Apache sebenarnya PHP sudah bisa dijadikan server. Sekarang PHP sudah mampu membuat server sendiri,—Silahkan baca: Cara Menggunakan Server Web bawaan PHP— tapi web server tersebut hanya digunakan untuk development saja. Oleh karena itu, ada baiknya kita menggunakan server apache.

Silahkan ketik perintah berikut ini untuk menginstal server apache di Linux.
sudo apt install apache2
Setelah itu coba perikta versi yang terinstal dengan perintah apache2 -v.
Versi Apache yang terinstal
Gunakan perintah berikut ini untuk mengaktifkan server apache
sudo service apache2 start
Perintah untuk menghentikan server apache:
sudo service apache2 stop
Perintah untuk me-restart:
sudo service apache2 restart
Selain itu, kita juga bisa membuka alamat http://localhost untuk memeriksa apakah server apache sudah berjalan atau belum. Bila tampilannya seperti berikut ini, maka servernya sedang berjalan.
Uji coba server apache melalui browser
Jangan lupa juga untuk mengatur hak akses direktori servernya agar user biasa bebas membuat file dan direktori di sana.
sudo chmod 777 /var/www/html -R

 5. Server Database (MySQL)

Server MySQL digunakan untuk keperluan database. Apabila webnya nanti kompleks dan memerlukan database, maka bisa menggunakan MySQL. Selain MySQL dapat juga menggunakan DBMS (Database Management System) yang lain seperti Ms. SQL, PostgreSQL, Oracle, dsb.

Silahkan ketik perintah berikut ini untuk menginstal MySQL di Linux.
sudo apt install mysql-server
Jangan lupa juga untuk memeriksa versi MySQL yang terinstal dengan perintah mysql --version.
Periksa versi mysql yang terinstal

6. PHPMyAdmin

PHPMyAdmin digunakan untuk mengelola database di MySQL. Selain menggunakan PHPMyAdmin, dapat juga menggunakan aplikasi yang lain seperti MySQL Workbench, Navicat, dsb.

Ketik perintah berikut untuk menginstal PHPMyAdmin di Linux:
sudo apt install phpmyadmin
Dalam proses instalasi anda akan diminta password untuk root, silahkan isi saja dengan password yang mudah diingat.

Setelah berhasil diinstal, silahkan periksa ke http://localhost/phpmyadmin. Kemudian, cobalah masuk dengan password yang sudah dibuat.


Nah, semua sudah dipersiapkan. Bila tidak ada error sampai tahap ini, berarti kita sudah berhasil mempersiapkan semua alat-alat yang diperlukan untuk memrogram web di Linux. Selanjutnya, kita bisa mulai membuat web.

No comments :

Post a Comment