Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Penguraian (parshing) JSON dari URL Web Service dengan Python

– 03 September 2016
Kita membutuhkan modul atau pustakan urlib untuk mengambil JSON dari URL Web Service. Setelah itu, kita dapat melakukan penguraian (parshing) informasi yang ada di dalamnya. Web service yang akan saya gunakan pada tulisan ini adalah web service dari Google. Web service tersebut menyediakan RSS Feed untuk Blogger dalam bentuk JSON.

Percobaan di Postman

Sebelum kita mulai parshing, ada baiknya kita coba dulu URL web service-nya. Supaya kita mudah mengetahui, atribut atau kunci yang digunakan pada JSON.

URL:
http://ajax.googleapis.com/ajax/services/feed/load?v=1.0&num=100&q=http://feeds.feedburner.com/petanikode
Hasil Percobaan di Postman:

Hasil respon:

Penguraian Informasi

Setelah mengetahui, struktur JSON yang diterima. Selanjutnya kita bisa mengurai informasi yang ada di dalamnya dengan mudah. Baiklah! Kita coba tampilkan semua judul yang ada di RSS Feed saja dulu.
import urllib, json

url = "http://ajax.googleapis.com/ajax/services/feed/load?v=1.0&num=100&q=http://feeds.feedburner.com/petanikode"
respon = urllib.urlopen(url)
data = json.loads(respon.read())

post = data['responseData']['feed']['entries']

for artikel in post:
    print artikel['title']
Perhatikan pada kode di atas, kita menggunakan modul urlib untuk mengambil JSON dari URL. Kemudian kita menggunakan modul json untuk mengurai informasinya.

Berikut ini hasil yang akan kita dapatkan dari kode di atas.

Kesimpulan

Penguraian data JSON dari URL web service membutuhkan satu lagi modul tambahan, yaitu urlib. Modul tersebut berfungsi mengambil atau meminta (request) data JSON yang ada di web service. Kemudian, tainggal kita olah data JSON-nya dengan modul json. Begitulah cara penguraian JSON dari URL, terima kasih! :)

No comments :

Post a Comment