Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

4 Fakta Tentang Hari Programmer Internasional

– 12 September 2016
Banyak yang tidak tahu tentang hari programmer. Hari programmer (Day of the Programmer) merupakan hari internasional yang diakui  di berbagai perusahaan teknologi dan inustri perangkat lunak. Nah! Pada hari programmer ini, saya ingin berbagai beberapa fakta yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Hari Programmer bukan Hari Libur

Benar sekali, sama seperti hari ibu, hari bapak, hari guru, hari buruh, hari petani, dsb. Hari programmer bukanlah hari libur. Semuanya tetap masuk kerja dan sekolah seperti biasa. Tapi, karena hari ini juga bertepatan denagan hari raya idul adha, maka hari ini hari libur.

2. Hari Programmer diakui di Rusia

Berdasarkan artikel di Wikipedia, Hari programmer secara resmi diakui di Rusia. Ceritanya, ada dua karyawan dari Parallel Technologies (sebuah perusahaan industri software) yang mengusulkan hari programmer. Merka mencoba mengumpulkan tanda tangan untuk petisi yang diserahkan ke pemerintahan Rusia agar diresmikan.

3. Hari Programmer diresmikan pada Tahun 2009

Pada akhirnya, di tahun 2009 hari programmer diresmikan. Tapatnya pada tanggal 11 September 2009, presiden rusia, Dmitry Medvedev menandatangi sebuah surat keputusan.

4. Hari Programmer jatuh pada hari ke-256

Angka 256 diambil dari akngka biner 8 bit (1111 1111). Dua pangkat delapan (28) akan menghasilkan 256. Setelah hari ke-256, bit akan berganti menjadi (0000 0000). Artinya hitungan harinya dumlai dari nol lagi, dihitung kemabli sampai 256. Oleh karena itu, hari programmer jatuh pada tanggal 7 Januari dan 12/13 September (12 September untuk tahun Kabisat dan 13 September untuk tahun biasa).

Itulah 4 fakta tentang hari programmer yang berhasil saya kumpulkan. Mungkin masih kurang, silahkan ditambahkan. Misalnya nanti kalau hari programmer sudah resmi diakui di Indonesia, apa yang akan kalian lakukan?

Akhir kata, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Programmer dan Idul Adha. Mohon Maaf, atas semua kesalahan dan kekurangan di blog ini. :)

A photo posted by Petani Kode (@petanikode) on

Referensi:

No comments :

Post a Comment