Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Cara Konversi String Mata Uang (Currency) menjadi Integer di PHP

– 27 July 2016
Setiap aplikasi penjualan, pasti menyimpan nilai mata uang di database-nya. Tipe data yang digunakan bisa bermacam-macam. Bisa menggunakan String atau Varchar, Integer, Float atau Double, BigInt, dkk. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara mengkonversi tipe data (Mata Uang) String menjadi Integer.

1. Manipulasi String

Sebelum kita mengubah data string mata uang, kita perlu memanipulasinya terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan simbol dan tanda baca yang ada di dalam string.

Misalkan, sebuah data mata uang bentuknya seperti ini:
<?php
$harga = "Rp 450.000";
?>
Bagaiaman cara memanipulasi string tersebut menjadi "450000"? Kita bisa memanfaatkan fungsi regular expression untuk melakukannya.
<?php
$harga_str = preg_replace("/[^0-9]/", "", $harga);
var_dump($harga_str);
?>
Hasil output-nya: string(6) "450000"

2. Konversi Ke Integer

Setelah kita berhasil memanipulasi string mata uang menjadi sebuah string (angka). Sekarang kita konversi tipe datanya ke dalam bentuk Integer. Caranya dengan menambahkan (int) di depan variabel atau data string.
<?php
$harga_str = preg_replace("/[^0-9]/", "", $harga);
var_dump($harga_str);
$harga_int = (int) $harga_str;
var_dump($harga_int);
?>
Hasil Output-nya:
string(6) "450000"
int(450000)

Kesimpulan

Konversi tipe data string mata uang ke dalam integer membutuhkan dua langkah. Pertama, hilangkan dulu simbol dan tanda bacanya dengan fungsi regular expression. Kedua, konversi tipe data hasil dari regular expression menjadi integer.

Selamat mencoba!

No comments :

Post a Comment