Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Pemrograman Java di Lab (14): Perulangan While dan Do/While

– 18 March 2016

1. Perulangan While

Perulangan while adalah salah satu bentuk perulangan yang tak tentu jumlah kali perulangannya. Perulangan while memiliki sebuah persayarat kondisi untuk melakukan perulangan. Apabila kondisi tidak terpenuhi, perulangan tidak akan dikerjakan. Contoh bentuk perulanagan while pada java:
while(keluar == false){
    mainProgram();
}
Pada contoh di atas, fungsi mainProgram() akan dieksekusi terus menerus sampai variabel keluar bernilai true. Untuk lebih jelasnya, silahkan coba contoh berikut ini.


Pada contoh di atas, kita memubuat sebuah kalkulator sederhana. Perulangan while akan mengecek kondisi nilai variabel keluar. Karena pada awal, variabel keluar bernilai false, maka perulangan dilakukan.

2. Perulangan Do/While

Perulangan Do/While adalah perulangan yang tak tentu jumlah kali perulangannya. Perulangan ini memiliki satu kali perulangan yang harus dikerjakan pada awal perulangan. Contoh bentuk perulangan Do/While dalam java:
do {
     belajar();
} while (bisa == false);
Fungsi belajar() akan terus dikerjakan atau diulangi selama belum bisa (bisa == false). Fungsi belajar akan berhenti dikerjakan sampai bisa (bisa == true). Perulangan do/while akan mengerjakan fungsi belajar satu kali dulu, kemudian mengecek kondisinya, bila bisa maka berhenti. Tetapi, kalau masih belum bisa, lanjutkan ke perulangan selanjutnya.

Contoh perulangan do/while dalam program kalkulator:


Kesimpulan

Perualangan While dan Do/While adalah perulangan yang tak tentu jumlah kali perulangannya (uncounted loop). Perbedaan perulangan While dengan Do/While terletak pada awal perulangannya. Perulangan Do/While memilki satu kali perulangan yang harus dikerjakan pada awal perulangan, sedangkan perulangan while tidak.

Baca juga: Perbedaan Perulangan While dan Do/While