Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Kode CRUD dalam Satu File PHP

– 31 March 2016
Pernah mebayangkan, tidak? Membuat CRUD (Create, Read, Update, Delete) dalam satu file PHP. Biasanya, membuat CRUD dilakukan dengan membuat file terpisah. Masing-masing file mewakili CRUD. Misalkan file create.php untuk menambahkan data, read.php untuk menampikan data, update.php untuk mengubah data, dan delete.php untuk menghapus data. Bagaimana kalau, semuanya digabungkan ke dalam satu file PHP?

Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan sebuah kode CRUD yang ditulis dalam satu file PHP. Kode ini, saya buat dengan koneksi database menggunakan API mysqli.

Dalam kode, terdapat empat fungsi yang mewakili CRUD. Pertama fungsi tambah() untuk menambahkan data. Kedua fungsi tampil_data() untuk membaca data dan menampilkanya dalam bentuk tabel. Ketiga fungsi ubah() untuk mengubah data. Terakhir ada fungsi hapus() untuk menghapus data.

Fungsi-fungsi tersebut dipanggil pada fungsi (program) utama. Program utama bertindak sebagai router yang mengatur pemanggilan fungsi. Misalkan, pada halaman Home, fungsi yang dipanggil adalah tambah_data() dan tampil_data(). Hal ini bisa dilakukan dengan stuktur pemilihan Switch/Case.

Kode lengkapnya bisa dicek di github



Sementara untuk database yang digunakan bernama pertanian. Database ini memiliki sebuah tabel bernama tabel_panen. Tabel panen digunakan untuk menyimpan data panen pertanian. Berikut ini stuktur tabel_penen.

File SQL-nya tersedia di github: https://github.com/petanikode/curd-pertanian/blob/master/pertanian.sql

Tampilan atau hasil output kode masih dalam bentuk polos. Saya tidak menggunakan CSS maupun Javascript. Hanya terdapat PHP dan HTML saja. Berikut ini cuplikan tampilannya.

Halaman Home atau halaman utama (index.php):

Halaman (form) tambah data:

Halaman tampil data:

Halaman (form) ubah data:

Demo: