Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Pemrograman java di lab (12): percabangan bersarang

– 13 November 2015

Percabangan bersarang bisa juga disebut if di dalam if, merupakan sebuah percabangan yang mimiliki percabangan di dalamnya atau bisa kita sebut percabangan dalam percabangan. Percabangan bersarang digunakan saat menemukan kasus dengan banyak hal yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, coba perhatikan flowchart berikut ini.

Flowchart di atas merupakan flowchart program kasir. Program di atas berfungsi untuk menentukan diskon dengan berbagai pertimbangan. Bila dituliskan dalam algoritma, kira-kira akan menjadi seperti berikut ini.
Apakah anda punya kartu member?
   - ya
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 500rb?
           # ya : mendapatkan diskon 50rb
           # tidak : tidak mendapatkan diskon
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
           # ya : mendapatkan diskon 15rb
           # tidak: tidak mendapatkan diskon
   - tidak
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
           # ya : mendapatkan diskon 10rb
           # tidak: tidak mendapatkan diskon
Bila sudah paham dengan algoritma dan flowchartnya, maka akan mudah membut kode programnya. Berikut adalah kode program yang dihasilkan dari algoritma di atas.


Program di atas akan menghasilkan output seperti berikut ini.

Percabangan bersarang memang sedikit membingungkan, karena banyak kondisi yang harus dipertimbangkan. Pada program di atas, kita baru hanya menggunakan if di dalam if saja. Percabangan bersarang juga bisa dibuat dengan kombinasi if dan switch-case. Percabangan if berada di dalam case atau sebaliknya. Silahkan anda coba sendiri.

Pembahasan tentang percabangan bersarang saya akhiri sampai di sini. Bila ada pertanyaan, silahkan kirimkan melalui komentar! Selamat berpikir.