Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Pemrograman java di lab (7): Mengenal JOptionPane dan operator kondisi

– 17 October 2015

Sebelumnya, kita telah berkenalan dengan operator. Sekarang kita akan coba mengenal JOptionPane dan operator kondisi. Pembahasan sengaja dibuat terpisah, agar pembahasan operator tidak terlalu panjang.

JOptionPane

JOptionPane merupakan sebuah kelas yang menyediakan jendela dialog sebagai antarmuka. JOptionPane bisa digunakan untuk mendapatkan input, menampilkan informasi, menampilkan pesan error, menampilkan dialog konfirmasi, dan sebagainya.

Sebelum menggunakan JOptionPane, kita perlu mengimpornya ke dalam program:
import javax.swing.JOptionPane;
Terdapat empat fungsi atau metode yang sering dipakai:
  1. showConfirmDialog() : untuk menampilkan dialog konfirmasi
  2. showInputDialog() : untuk menampilkan dialog input
  3. showMessageDialog() : untuk menampilkan pesan/informasi
  4. showOptionDialog() : untuk menampilkan dialog pilihan

Operator Kondisi

Operator kondisi merupakan sebuah operator khusus untuk memeriksa kondisi tertentu. Bisa dibilang, oprator ini termasuk ke dalam operator logika atau operator untuk membuat implikasi. Operator ini disimbolkan dengan tanda tanya (?). Struktur operator kondisi:
(kondisi) ? benar : salah;
Kalau kondisi bernilai true, maka kode benar akan dikerjakan. Tapi, kalau tidak atau bernilai false, maka kode salah akan dikerjkana.

Sebagai contoh, kita akan membuat sebuah program baru dengan bahan JOptionPane dan operator kondisi. Buatlah kelas baru bernama OperatorKondisi di paket pertemuan3. Kemudian ikuti kode berikut ini:

Program di atas, akan menghasilkan output seperti berikut ini:
Dialog input,

dialog output,


Catatan: Dialog input JOptionPane sama seperti Scanner. Perbedaanya, Scanner dipkai untuk antarmuka teks atau console. Sedangkan Dialog input JOptionPane dipakai untuk antarmuka grafis (GUI). Pengguna komputer lebih senang dengan antarmuka grafis, karena mudah digunakan. Sedangkan antarmuka teks, sangat jarang dipakai pada pengguna komputer umum.

Referensi:

---
Sampai di sini, ada yang mau ditanyakan? siahkan kirim melalui komentar!