Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Pemrograman C# di linux

– 12 March 2015

Bahasa pemrograman C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif framework .NET (dibaca: dot net). Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. (Sumber: wikipedia)

Kita dapat mempelajari C# di linux dengan menggunakan MonoDevelop. Sebuah IDE open source yang sangat handal dan keren untuk pemrograman C#, VB dan .Net di linux atau sistem operasi yang lain. Untuk menginstal IDE ini di Ubuntu, ketik perintah berikut:

sudo apt-get install monodevelop

Setelah itu, coba periksa kompilator C# yang terinstal:

$ mcs --version
Mono C# compiler version 3.2.8.0

Membuat program Salam

Mari kita buka MonoDevelop, kemudian buatlah sebuah berkas kode C# baru melalui menu File>New>File atau tekan Ctrl+N. Setelah itu pilih C#>General>Empty File, kemudian berikan nama SalamCharp dan klik New.

membuat berkas kode C-sharp baru di MonoDevelop

Setelh itu, tulislah kode di bawah ini:

using System;

class SalamCharp{
    public static void Main(String[] argumen){
        Console.WriteLine ("Assalamualaikum, ini dari C#");
    }
}

membuat kode C# baru di monodevelop

Setelah itu, coba kompilasi dan jalankan; Klik menu Run>Start With Out Debugging atau menekan tombol Ctrl+F5. Maka akan tampil output programnya:

membuat kode C# baru di monodevelop

Anda juga dapat mengompilasinya secara manual melalui terminal. Caranya, masuk ke direktori tempat menyimpan kode C#, kemudian ketik mcs nama_berkas.cs. Contoh:

mcs SalamCsharp.cs

Setelah itu, berkas .exe baru akan tercipta. Berkas exe biasanya dijalankan di windows. Tapi, berkat mono runtime, kita dapat menjalankannya di linux. Ketik perintah ini di terminal untuk menjalankannya:

mono SalamCsharp.exe

Menjalankan berkas exe dengan mono

Sedikit penjelasan tentang program; Di baris pertama kita menggunakan modul/paket System. Karena objek Console terdapat dalam modul ini. Sementara itu, untuk mencetak sesuatu ke layar (Console), kita menggunakan method atau fungsi WriteLine(). Setiap aplikasi, harus dibuat dalam bentuk kelas (seperti java). Karena C# dan sangat taat dengan paradigma pemrograman berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming).


Referensi:

  • http://www.mono-project.com/docs/getting-started/mono-basics/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/C_sharp

No comments :

Post a Comment