Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Pengantar XML

– 27 February 2015

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markah ekstensi yang berasal dari Standard Generalized Markup Language (SGML). XML seperti HTML, tapi di XML, kita dapat membuat tag sendiri. XML digunakan untuk mengirim atau membawa data, sedangkan HTML digunakan untuk menampilkan data. XML biasanya digunakan untuk membuat API (Aplication Programming Interface). Contoh teknologi yang menggunakan XML adalah RSS feed.

XML

Mari kita membuat sebuah berkas XML. Gunakan teks editor yang anda sukai. Kemudian buatlah berkas baru bernama kartu_nama.xml. Dalam berkas ini, silahkan isi data diri anda.

<?xml version="1.0"?>
<kartuNama>
    <nama>
        <awal>Ardianta</awal>
        <akhir>Pargo</akhir>
    </nama>

    <jenisKelamin>Laki-laki</jenisKelamin>

    <alamat>
        <dusun>Sisik Goak</dusun>
        <desa>Sisik</desa>
        <kecamatan>Pringgarata</kecamatan>
        <kabupaten>Lombok Tengah</kabupaten>
    </alamat>

    <ponsel>087866866694</ponsel>
    <surel>ardianta_pargo@yahoo.co.id</surel>

    <sosialMedia>
        <facebook>ardianta.pargo</facebook>
        <twitter>@ArdiantaPargo</twitter>
    </sosialMedia>
    <situsWeb>http://petanikode.blogspot.com</situsWeb>
</kartuNama>

Cobalah buka dengan pramban web, maka akan mendapatkan tempilan seperti ini:

Tampilannya asalnya memang seperti itu, karena tidak ada kode CSS yang mempengaruhi. XML dirancang untuk membawa data, jadi XML tidak berfokus pada tampilan. Bagian yang perlu anda pahami di XML: bagian deklarasi, elemen, tag, dan atribut.

Bagian deklarasi berfungsi untuk mengumumkan versi dokumen XML yang digunakan. Bagian deklarasi juga memiliki atribut yang lain seperti encode untuk menentukan encode karakter yang digunakan. Atribut adalah properti-properti yang melengkapi sebuah elemen. Sedangkan elemen adalah bagian dari XML yang terdiri dari tag pembuka, isi, dan tag penutup. Elemen yang tidak memiliki tag penutup seperti <hr> dapat ditutup dengan menambahkan garis miring dibelakangnya: <hr/>. Semua elemen di XML wajib ditutup.

Tulisan ini saya akhiri sampai di sini. Masih banyak hal yang perlu di bahas mengenai XML. Tapi, agar tulisan ini tidak terlalu panjang, insya'allah saya akan membahasnya di tulisan yang lain. Selanjutnya anda bisa belajar mengurai dokumen XML di python atau bahasa pemrograman yang lain.