Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Solusi galat saat inisialisasi Framework Yii di Linux

– 16 January 2015

Saat mengikuti praktikum bebas, Saya mendapatkan galat ketika inisialisasi atau mempersiapkan framework Yii di server lokal linux. Tidak seperti di XAMPP (Windows), perintah init dapat berjalan untuk inisialisasi Yii. Tetapi di Linux, perintah init digunakan untuk inisialisasi sistem, bukan untuk inisialisasi framework Yii.

Perintah untuk inisialisasi Yii di linux adalah php init. Tapi, peintah ini tidak dapat dijalankan. Karena ada sesuatu yang belum di install.

Perintah php init berfungsi untuk mengekseskusi berkas php yang bernama init. Berkas ini tersimpan di direktori framework Yii.

Di dalam berkas tersebut, terdapat perintah untuk memangil sebuah ekstensi bernama mcrypt. Ekstensi ini belum tepasang di Linux (Xubuntu) yang saya gunakan. Dengan demikian, solusi untuk permasalahan ini adalah memasang mcrypt. mcrypt adalah sebuah program untuk melakukan enkripsi. Untuk instalasi mcrypt di Ubuntu gunakan perintah di bawah ini.

sudo apt-get install mcrypt

Setelah itu, jalankan perintah ini:

sudo php5enmod mcrypt

Sekarang cobalah inisialisasi ulang framework Yii, jalankan lagi peintah php init. Bila tidak berhasil, cobalah restart ulang server dengan perintah sudo service apache2 restart.

No comments :

Post a Comment