Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Belajar pemrograman Java di Linux

– 11 January 2015

Sebagai pengguna linux, pemrograman adalah sesuatu yang tidak asing. Karena terbiasa mengetik kode perintah di terminal (itu terasa seperti pemrograman). Di tulisan ini kita akan belajar pemrograman java di linux. Mempelajari java di linux sama mudahnya seperti belajar java di windows. Bahasa pemrograman java dapat berjalan di semua sistem operasi. Karena menggunakan mesin virtual (JVM) untuk menjalankannya.

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memeluk paradigma OOP (Object Oriented Programming). Paradigma (model) OOP membuat penulisan kode menjadi lebih mangkus. Segala sesuatu di dunia nyata dapat digambarkan (dibuat) dalam bentuk kelas di java.

Alat-alat belajar

Sebelum mulai belajar, siapkan terlebih dahulu alat-alat berikut:

1. Teks Editor

Gunakan teks editor yang mudah dioperasikan, Seperti Gedit. Saya sendiri menggunakan Mousepad, teks editor default di Xubuntu 14.10 (distro linux yang saya gunakan). Teks editor sebagai tempat menulis kode program java. Jadi, apapun teks editornya tetap bisa digunakan.

2. JDK (Java Development Kit)

JDK atau Java Development Kit digunakan untuk mengompilasi, debugging (memeriksa error), dan menjalankan program java. Dalam JDK terdapat dua hal yang perlu diktahui, (i) Kompilator: Bertugas menerjemahkan kode java menjadi bytecode. (ii) Debugger: Bertugas memeriksa error pada kode. Jadi, JDK inilah yang digunakan Programmer untuk membuat program java.

Di Linux, nama paket JDK adalah openjdk. Gunakan fasilitas apt-cache search untuk mencari tahu openjdk yang tersedia di server repositori.

ardianta@imajinasi:~$ apt-cache search openjdk
. . .
openjdk-7-jdk - OpenJDK Development Kit (JDK)
...
openjdk-6-jdk - OpenJDK Development Kit (JDK)
...
openjdk-8-jdk - OpenJDK Development Kit (JDK)
. . .

Tersedia tiga openjdk, manakah yang harus saya instal? Saya sendiri memilih yang terbaru, yaitu openjdk 8. Bila di linux yang anda gunakan belum tersedia yang versi 8, Saya rekomendasikan menggunakan yang versi 7 saja. Untuk menginstal openjdk 8 ketik perintah berikut ini.

sudo apt-get install openjdk-8-jdk

Kalau sudah diinstal, periksalah versi berapa yang terpasang. Gunakan perintah di bawah ini:

java -version

3. JRE (Java Runtime Environment)

Sementara itu, JRE atau Java Runtime Environment digunakan untuk menjalankan program java saja. JRE inilah yang dipasang oleh pengguna, bila ingin menjalankan program atau aplikasi java. Kalau Anda pernah menginstal XDMAN, tidak akan asing lagi dengan JRE.

JRE di Linux dapat diinstal melalui terminal. Sejauh pengalaman saya, setelah menginstal openjdk, JRE juga ikut terinstal. Tapi kalau belum terinstal, instal-lah! Berikut ini perintah untuk menginstal yang versi 8:

sudo apt-get install openjdk-8-jre

Membuat program pertama

Program yang akan kita buat adalah program 'Hello World'. Program ini sangat terkenal di dunia. Calon Programmer, harus bisa membuat program ini. Semua Programmer yang hebat, pastilah sudah membuat program ini. Jadi, bersiaplah! Sebentar lagi Anda akan menjadi orang hebat.

Menulis program

Buka teks editor, lalu tulislah program di bawah ini. Perhatikan huruf kapitalnya, dalam java huruf kecil dan huruf kapital dibedakan. Inilah yang dinamakan case sensitive.

class HelloWorld{
    public static void main(String[] argumen){

        System.out.println("Hello World!");    

    }
}

Simpanlah dengan nama HelloWorld.java. Simpan dimana? Saya sendiri menyimpannya di direktori home agar mudah diakses. Lihatlah tangkapan layar di bawah ini.

Kompilasi kode

Saatnya mengompilasi kode program yang sudah ditulis. Sekarang buka terminal dan ketiklah perintah berikut untuk mengopilasi:

javac HelloWorld.java

Karena terismpan di direktori home, jadi mudah untuk mengompilasinya. Lihatlah bagaimana saya melakukannya.

Kalau tidak mendapatkan error, berarti kode programnya sukses dikompilasi. Maka akan terciptalah sebuah berkas baru bernama HelloWorld.class. Berkas ini berisi bytecode yang akan dijalankan oleh JRE.

Menjalankan program

Jalankan programnya, gunakan perintah java NamaKelas.

Penjelasan program

Program 'Hello World' di atas hanya untuk menampilkan pesan Hello World saja. Perhatikanlah kalimat perintah System.out.prinln("Hello World");, kalimat perintah inilah yang menyuruh komputer menampilkan pesan Hello World. Kalimat perintah ini ditulis di dalam blok method atau fungsi main. Fungsi main adalah fungsi utama dari program. Setiap kalimat perintah yang ditulis di dalam fungsi ini akan dikerjakan oleh komputer. Satu kalimat perintah diakhiri dengan tanda titik koma ;.

public static void main(String[] argumen){
    ...
    // kalimat perintah 1;
    // kalimat perintah 2;
    // kalimat perintah n;
    ...
}

Sementara itu, fungsi main ditulis di dalam blok kelas HelloWorld. Untuk lebih mudahnya, kita sebut saja blok ini sebagai blok aplikasi dan HelloWorld adalah nama aplikasinya. Dalam blok aplikasi ini, terdapat fungsi-fungsi yang melengkapi aplikasi.

class NamaAplikasi{

   // fungsi utama
   public static void main(String[] argumen){ ... }

   // fungsi-fungsi lain
   void cetakSalam(){ ... }
   int hitungNilai(int harian, int uts, int uas){ ... }

}

Budaya penulisan kode

Mungkin Anda pernah menulis program di bahasa pemrograman lain. Mungkin saja, cara penulisannya berbeda dengan java. Cobalah perhatikan, bagaiaman nama kelas dan fungsi di tulis. Nama kelas ditulis dengan huruf kapital di huruf pertamanya. Nama kelas yang lebih dari satu kata, huruf pertama di kata selanjutnya ditulis kapital. Contoh HelloWorld, tidak boleh ditulis hello_world atau Hello World atau Helloworld atau helloworld.

Sementara itu, nama method atau fungsi ditulis dengan huruf kecil pada huruf pertamanya. Nama fungsi yang lebih dari satu kata, huruf pertama pada kata selanjutnya ditulis kapital. Contoh ucapSalam(), tidak boleh ditulis ucapsalam() atau ucap salam() atau ucap_salam() atau UcapSalam(). Budaya penulisan kode semacam ini dikenal dengan istilah CamelCase, karena kelihatannya mirip seperti punggung onta.