Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Persiapan Pemrograman PyGTK

– 07 September 2014

PyGTK merupakan sebuah modul atau pustaka untuk membuat antarmuka grafis (GUI) dengan bahasa pemrograman Python. Dalam modul PyGTK terdapat pustaka GTK+ (Gimp Toolkit) yang menyediakan fungsi-fungsi untuk membangun antarmuka grafis.

1. Instal Teks Editor

Teks editor digunakan untuk menulis kode. Gunakan teks editor yang anda sukai. Beberapa teks editor rekomendasi: Atom, Ms. Visual Studio Code, Komodo Edit, Geany, dsb.

2. Instal Python

Pemrograman PyGTK menggunakan bahasa pemrograman python. Pada distro Linux yang saya gunakan (Xubuntu), python sudah terinstal.
petanikode@imajinasi:~$ python --version
Python 2.7.6 

3. Instal PIP

PIP merupakan sebuah sistem manajemen paket yang digunakan untuk menginstal dan mengelola paket python. Kita akan gunakan pip untuk menginstal modul PyGTK, karena itu kita perlu PIP. Cara instal PIP:
sudo apt-get isntall python-pip

4. Instal Modul PyGTK

Modul PyGTK sudah tersedia di distro Linux yang menggunakan lingkungan destop GNOME. Pada lingkungan desktop lain, kadang modul ini tidak tersedia. Berikut ini perintah untuk menginstal modul PyGTK melalui PIP:
sudo pip install PyGTK

Itulah empat hal yang perlu dipersiapkan untuk pemrograman PyGTK. Selanjutnya anda dapat memulai membuat program sederhana, seperti membuat jendela dan ikon.