Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Struktur Pemilihan di Pemrograman Lazarus

– 05 September 2014
Stuktur pemilihan adalah struktur kode yang menggunakan kaidah jika-maka. Struktur pemilihan dalam dunia pemrograman dikenal juga dengan percabangan, flow control, if-else, dan sebagainya.

Terdapat dua macam struktur pemilihan dalam pemrograman Lazarus: if-then dan case-of. Perbedaan if-then dan case-of dapat dilihat dari cara mereka membandingkan suatu kondisi. Struktur pemilihan if-then dan case-of membuat komputer berpikir dan mampu menentukan pilihan.
Bentuk umum blok kode if-then:
if (suatu_kondisi_benar) then
    kerjakan_sesuatu;
Bila terdapat lebih dari satu perintah dalam blok if, maka pakailah begin dan end;:
if (suatu_kondisi_benar) then
begin
    kerjakan_sesuatu;
    kerjakan_perintah_ini;
    kerjakan_juga_yang_ini;
    ...
end;
Bila tedapat dua pilihan keputusan atau kondisi, maka pakailah else:
if (suatu_kondisi_benar) then
begin
    kerjakan_sesuatu;
    kerjakan_perintah_ini;
    kerjakan_juga_yang_ini;
    ...
end
else
    kerjakan_ini_bila_konsisi_salah;
Bila terdapat banyak kondisi, pakailah else if(...):
if (suatu_kondisi_benar) then
    kerjakan_sesuatu;
else if(kondisi_kedua) then
    kerjakan_ini;
else if(kondisi_ketiga) then
    kerjakanlah_sesutu_yang_lain;
else if(kondisi_n) then
    kerjakan_n;
else
    kerjakan_ini_bila_semua_konsisi_salah;
Atau bisa juga menggunakan case-of, bentuk strukturnya sebagai berikut:
case variabel of
    1: kerjakan_prosedur_satu;
    2: kerjakan_prosedur_dua;
    3: kerjakan_prosedur_tiga;
    n: kerjakan_prosedur_n;
else
    kerjakan_ini_kalau_semua_case_salah;

Membuat program aplikasi

Supaya lebih paham tentang struktur pemilihan di Lazarus, mari kita membuat sebuah program aplikasi sederhana. Aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi pendaftaran kursus komputer. Dalam aplikasi terdapat pilihan-pilihan paket dengan biaya yang berbeda dan total biaya ditentukan juga oleh jenis kelamin.

1. Desain Form

Antarmuka struktur pemilihan dapat menggunakan objek RadioButton atau ComboBox.

Jangan lupa, tambahkan butir (item) ke dalam ComboBox. Klik objek ComboBox, Lalu di bagian properties cari atribut Items kemudian isi butir ComboBox.

Tabel berikut ini, berisi informasi objek yang digunakan.
Nama objekNilai properti yang diubah
GroupBox1Caption := 'Pilih Paket Kursus'
RadioButton1Name := 'RJarkom'
Caption := 'Jaringan Komputer'
RadioButton2 Name := 'RDesain'
caption := 'Desain'
RadioButton3 Name := 'RPemrograman'
caption := 'Pemrograman'
RadioButton4 Name := 'RAnimasi'
Caption := 'Animasi'
Label1 Caption := 'Biaya Kursus'
Edit1 Name := 'EBiaya'
Text := ''
Label2 Caption := 'Jenis Kelamin'
ComboBox1 Name := 'CBJenisKelamin'
caption := 'Pilih'
Items := ['Laki-laki','Peremtuan']
ReadOnly := True
Button1 Caption := 'Proses'
Button2 Caption := 'Keluar'

2. Menulis Kode Program

Kode program ditulis dalam event tombol Proses dan tombol Keluar diklik. Klik 2x pada tombol Proses kemudian ketik kode berikut:
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
      biaya:integer;
begin
  if (RJarkom.Checked) then
    biaya := 100000;
  if (RDesain.Checked) then
    biaya := 80000;
  if (RPemrograman.Checked) then
    biaya := 150000;
  if (RAnimasi.Checked) then
    biaya := 120000;

  case CBJenisKelamin.ItemIndex of
    0: biaya := biaya + 10000;
    1: biaya := biaya + 5000;
 end;

  EBiaya.Text := IntToStr(biaya);
end;
Kode program untuk tombol Keluar:
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
      Close;
end;  

3. Menjalankan program

Jalankan program dengan mengelik tombol Run atau menekan tombol F9 pada papan ketik.



---
Referensi: