Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Mengenal variabel dan tipe data di Python

– 17 February 2014

Variabel dan tipe data merupakan hal terpenting yang harus diketahui dalam pemrograman python. Karena banyak dipakai untuk menyimpan segala sesuatu yang bersifat sementara dan berubah-ubah.

Artikel Sebelumnya telah memperkenalkan cara memulai pemrograman python. Kini, saatnya berkenalan dengan variabel dan tipe data. Silahkan disimak!

Apa itu variabel dan tipe data?

Variabel adalah sebuah temapat menyimpan sesuatu (data) atau nilai. Nilai atau data yang tersimpan di variabel sering berubah. Bisa dikatakan, variabel itu seperti tempat penyimpanan sementara. Sedangkan, tipe data ialah jenis data yang tersimpan di dalamnya.

Membuat variabel di python

Pembuatan variabel di python sangat mudah. Cukup tulis nama variabelnya, lalu mengisinya dengan suatu nilai. Pengisian nilai menggunakan operator sama-dengan (=). Misalnya:
variabel_ku = "ini isi variabel"
variabel2 = 20
Bila ingin mencetak atau melihat isi variabel yang telah dibuat, dapat menggunakan perntah print. Misalnya:
print variabel_ku
print variabel2
Setiap pembuatan variabel harus diisi nilainya. Bila hanya menulis nama variabel saja tampa mengisinya, maka akan mendapatkan galat NameError: name [variabel] is not defined.

Aturan penulisan variabel

  1. Karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah (_)
  2. Karakter selanjutnya dapat berupa huruf, garis bawah (_) atau angka.
  3. Karakter pada nama variabel bersifat sensitif (case-sensitif). Artinya huruf besar dan kecil dibedakan. Misalnya, variabelKu dan variabelku, keduanya adalah variabel yang berbeda.

Tipe data

Seperti yang dijelaskan di awal tulisan ini, tipe data adalah jenis data yang tersimpan dalam variabel. Python secara otomatis mengenali tipe data yang tersimpan dalam variabel. Lalu, bagaiamanakah cara mengetahui jenis data yang tersimpan dalam suatu variabel? Untuk mengetahui tipe data yang tersimpan dalam variabel, dapat menggunakan fungsi type(). Contoh:
>>> usia = 20
>>> type(usia)
<type 'int'>
>>> usia = "20"
>>> type(usia)
<type 'str'>
>>> usia = '20'
>>> type(usia)
<type 'str'>
>>> usia = 20.5
>>> type(usia)
<type 'float'>
>>> usia = true
Traceback (most recent call last):
  File "<stdin>", line 1, in <module>
NameError: name 'true' is not defined
>>> usia = True
>>> type(usia)
<type 'bool'>

Tipe data bilangan

Di Python bilangan dibagi menjadi dua tipe utama yaitu integer (bilangan bulat) dan float (bilangan pecahan). Contoh tipe data integer: 28, 90, -43, 23 dsb., sedangkan contoh tipe data float (pecahan): 3.23, -1,213, 52.3e-4 dan sebagainya. Maksud notasi e (eksponen) pada tipe data float adalah pangkat 10. Misalknya bilangan 52.3e-4, akan sama dengan 52.3 * 104 = 0.00523.

Tipe data Teks

Teks (String) merupakan jenis data yang terdiri dari sekumpulan karakter. Penulisan tipe data teks harus diapit dengan tanda petik: tunggal ('...'), ganda ("..."), dan rangkap tiga ('''...''' atau """...""").

Tipe data boolean

Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua nilai yaitu True dan False atau 0 dan 1. Penulisan true dan false, huruf pertamnya harus kapital. Penulisan tipe data boolean sama seperti tipe data angka, tanpa menggunakan tanda petik. Contoh:
bergerak = True
nyala = 1

Latihan menggunakan variabel

Saatnya mengamalkan apa yang sudah dipelajari. Pada latihan ini, kita akan membuat program yang dapat menampilkan bio data dari sebuah penduduk desa.
# Program bio data penduduk desa X
 
# membuat variabel beserta isinya (nilainya) 
nama = "Ardianta"
alamat = 'Desa Imajinasi'
umur = 19
tinggi = 170.5
menikah = False
 
# mencetak isi variabel
print "Nama : ", nama
print "Alamat : ", alamat
print "Umur : ", umur
print "Tinggi : ", tinggi
if(menikah):
    print "Status: menikah"
else:
    print "Status: belum menikah" 
Kode if akan memilih teks yang akan dicetak. Bila variabel menikah bernilai True, maka akan tercetak "Status: menikah". Tapi kalau bernilai False, maka akan tercetak "Status: belum menikah". Penjelasan tentang kode if ini, dapat dilihat di sini.

Kesimpulan

Variabel dan tipe data merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Variabel sangat berguna untuk menyimpan suatu data yang akan kita olah dalam program. Penyimpanan data dalam variabel bersifat sementara dan nilainya dapat berubah-ubah.