Pemrograman

Bahasa

Framework

Peralatan

Info

Memulai Pemrograman Python di Linux

– 16 February 2014
Bahsa pemrograman python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat atau dikembangkan oleh Guido van Rossum. Python banyak digunkan di mana-mana. Untuk membuat aplikasi web, aplikasi ponsel, aplikasi dekstop, aplikasi jaringan, dan lain-lain. Python juga banyak diapakai oleh perusahan-perusahan IT ternama seperti Google. Oleh karena itu, marilah kita mulai belajar python sekarang juga.

Tentang bahasa pemrograman python

Python dikembangkan sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Nama python di ambil dari sebuah acara televisi komedi tahun '70-an yang disiarkan oleh BBC. Menurut Guido van Rossum, nama ini dipakai untuk memberikan suatu nama yang unik.

Persiapan dan instalasi python

Sistem operasi windows tidak menyediakan python secara default. Oleh karena itu, bagi yang menggunakan windows, harus mendownload dan menginstalnya dulu. Tapi, bagi pengguna linux (ubuntu), hal itu tidak perlu. Karena sudah tersedia dan siap untuk dipakai.

Mengenal modus interaktif

Modus interaktif adalah tempat mengetik perintah-perintah atau fungsi-fungsi python. Modus ini biasanya digunakan untuk percobaan dan latihan. Untuk masuk ke modus interaktif, ketik perintah python di terminal.


Tanda >>>  artinya, intepreter python telah siap menerima perintah, terdapat juga tanda ... yang berarti secondary prompt atau sub prompt, biasanya muncul saat membuat blok kode dan menulis perintah tunggal dalam beberapa baris.

Mari kita coba memberikan perintah print, perintah ini berfungsi untuk mencetak teks ke layar. Cobalah tulis print "Hello World" kemudian tekan Enter.
Perintah yang kita tulis langsung dikerjakan dan ditampilkan hasilnya. Inilah modus interaktif, setiap kode atau perintah yang diketik akan direspon langsung oleh (intepreter) python. Menulis kode di modus ini ibarat berbicara langsung dengan python. Bila kode yang diketik tidak benar, maka intepreter akan menampilkan pesan error.

Menulis skrip python

Penulisan kode perintah  dapat juga dibuat dalam bentuk skrip. Penulisan skrip bertujuan untuk menyimpan program yang dapat dipakai kapan saja. Perintah yang kita tulis di modus interaktif, bukanlah sebuah program yang dapat dipakai kapan saja. Oleh karena itu, kita perlu membuat skrip.

Skrip python disimpan dalam berkas yang berektensi py. Skrip python dapat ditulis di teks editor seperti gedit. Cobalah membuat skrip python seperti berikut ini.
Jangan lupa simpan dengan ekstensi py, contoh hello_world.py
Skrip python dijalankan (dieksekusi) dari terminal dengan perintah:
python nama_skrip.py
Pastikan berada dalam direktori tempat skrip disimpan. Karena perintah tersebut akan mencari skrip yang ada di dalam direktori yang sedang ditempati. Bila skrip ditemukan, maka akan langsung dieksekusi. Sehingga, hasilnya seperti gambar berikut ini:

Alur kerja

Pertama, kita membuat skrip python dengan teks editor. Kedua, skrip python diterjemahkan ke dalam kode biner oleh (intepreter) python, sehingga komputer dapat mengerti arti perintah tersebut. Ketiga, komputer mengerjakan perintah tersebut.

Kesimpulan

Kita baru saja memulai belajar bahasa pemrograman python. Ada dua cara untuk belajar, yaitu dengan modus interaktif dan skrip. Kedua cara tersebut akan selalu dipakai di pelajaran berikutnya.

---
Bagaimana menurutmu, belajar bahasa pemrograman python itu mudah, bukan?